ANALISIS PENGEMBANGAN PELAYANAN JASA SERVIS DAN SPAREPART DENGAN PENERAPAN METODE CLIENT SERVER

  • Mike Febri Mayang Sari STMIK Jayanusa Padang
  • Yanni Suherman AMIK Jayanusa Padang
  • Erien Nada Azandra STMIK Jayanusa Padang
  • Budi Harto STMIK Jayanusa Padang
  • Khairil Hamdi STMIK Jayanusa Padang
Abstract viewed = 151 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 202 times

Abstract

Pada PT. Menara Agung pengolahan data sudah menggunakan teknologi informasi tetapi masih banyak kekurangan yang terjadi seperti pada transaksi penjualan sparepart dan pelayanan servis yang masih belum terkomputerisasi dengan baik. Belum adanya integrasi data antara bagian penjualan unit, spareparts dan servis. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall SDLC yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pengkodean, pengujian dan pengoperasian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi dan metode tinjauan pustaka. Bahan dan materi yang diperoleh berupa daftar sparepart, daftar penjualan sepeda motor, laporan penjualan, laporan pembelian, dan nota. Sistem baru yang dikembangkan ini dapat menggantikan sistem lama, agar mencapai tingkat efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi. Sehingga rancangan tersebut dapat bermanfaat bagi PT. Menara Agung untuk mendapatkan informasi dalam penjualan sepeda motor, penjualan sparepart dan servis sepeda motor Honda yang sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Anjani, P. W., & Wirawati, N. G. P. (2018). Pengaruh Usia, Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan, dan Kompleksitas Tugas terhadap Efektivitas Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 22, 2430. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v22.i03.p29
Annidah, B. R. U., Prasetyo, L. A., & Astuti, P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Servis Motor Pada Bengkel Arif Motor. JRAMI, 02(01).
Desmira, D., Apriana, D., & Avicena H.B.H, M. (2022). Analisa Jaringan Local Area Network Pada Laboratorium Komputer SMK Informatika Kota Serang. INSANtek, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.31294/instk.v3i1.532
Fitri, M. O. (2019). Implementasi Rancangan Lan Dan Instalasi Slim Studi Kasus : Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora Uin Imam Bonjol Padang. Teknosains: Media Informasi Sains Dan Teknologi, 13(1), 82–88. https://doi.org/10.24252/teknosains.v13i1.9618
Gunawan Wibisono, Vivi Kumalasari Subroto, & Danang Danang. (2020). Analisa Dan Perancangan Sistem Aplikasi Pembayaran Administrasi Menggunakan Rfid Berbasis Client Server. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 13(1), 111–120. https://doi.org/10.51903/kompak.v13i1.201
Hakiki, M., Fadli, R., Putra, Y. I., & Pertiwi, I. P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Sekolah Sma Negeri 1 Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 50–57. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/513
Halomoan, A. Y., Hanggara, B. T., & Pramono, D. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Proses Sidang berbasis Web pada Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Padangsidimpuan. 6(7), 3432–3441.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.
Hasibuan, A., & Dalimunthe, E. (2020a). Implementasi Metode Client Server pada Penerapan Aplikasi Simulasi Ujian Akhir. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 152. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.5614
Hasibuan, A., & Dalimunthe, E. (2020b). Implementasi Metode Client Server pada Penerapan Aplikasi Simulasi Ujian Akhir. 5(2), 152–161.
Marantika Puri, A., Irwan, M., & Andriani, R. (2021). Analisis Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Si Apik (Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) Untuk Memenuhi Kebutuhan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Studi Kasus Pada Toko WandaTeluk Kuantan). Jurnal Ekonomi Al-Khitmah, 3(1), 38–55.
Mustika Mega, Rina Andiani, M. I. (2020). Analisis Kelayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah dalam Menerapkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (Studi Kasus Pada Toko Dewi Motor Teluk Kuantan) Mega. Ekonomi Al-Khitmah, 2(1), 1–14. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/KHITMAH/article/view/996
Rizal, C., Supiyandi, S., Zen, M., & Eka, M. (2022). Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client Server. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(1), 27–33. https://doi.org/10.47065/bit.v3i1.255
Romadhon, M. H., Yudhistira, Y., & Mukrodin, M. (2021). Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus : CV Kopja Mandiri. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban (JSITP), 2(1), 30–36.
Saputra, R. A., Parjito, P., & Wantoro, A. (2020). Implementasi Metode Jeckson Network Queue Pada Pemodelan Sistem Antrian Booking Pelayanan Car Wash (Studi Kasus : Autoshine Car Wash Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.433
Sofian, A., & Sutanto, I. (2023). Aplikasi Konsultasi Pelayanan Pengobatan Gangguan Mental Anak Berbasis Website (Studi Kasus: Apotek Segar Sehat Jakarta). COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(10), 2355–2372. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i10.639
Suherman, Y., Azandra, E. N., Fajri, A. F., Hamdi, K., & Zevimarino, A. (2022). Mobile Application Sistem Monitoring Kegiatan Dan Keuangan Masjid. Brahmana : Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 4(1), 61–71. https://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/brahmana/article/view/135
Suryanti, E. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tiket Pada Agen Travel Di Tegal. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 1(2), 84–89. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika/article/view/619
Wahyu, S., Br, T., Batubara, A. K., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Sistem Informasi dan Dokumentasi Kearsipan Berbasis Client Server di PT . BPRS Amanah Insan Cita Lubuk Pakam Abstract : 8(14), 8–18.
Wahyuni, U. M., & Fitrilina, F. (2020). Implementasi Client-Server Pada Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa Menggunakan Object-Oriented Programming. Jurnal Amplifier : Jurnal Ilmiah Bidang Teknik Elektro Dan Komputer, 10(1), 26–32. https://doi.org/10.33369/jamplifier.v10i1.15171
Published
2023-07-21
How to Cite
SARI, Mike Febri Mayang et al. ANALISIS PENGEMBANGAN PELAYANAN JASA SERVIS DAN SPAREPART DENGAN PENERAPAN METODE CLIENT SERVER. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 104-111, july 2023. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/3261>. Date accessed: 11 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v7i1.3261.
Section
Articles