EVALUASI APLIKASI E-RAPOR MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

  • I Kadek Dwi Artayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suparsa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Agus Oka Gunawan Universitas Tabanan
  • Gede Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha
Abstract viewed = 293 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 291 times

Abstract

Aplikasi e-Rapor KM SMP merupakan salah satu platform pendidikan yang dikembangkan sebagai pendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Aplikasi ini bertujuan untuk mengelola penilaian dan membuat laporan capaian kompetensi siswa pada satuan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama secara sistematis, lengkap, akurat, dan tepat waktu melalui pemanfaatan aplikasi komputer. Selama penggunaannya, masih terdapat pengguna yang mengeluhkan antarmuka penggunanya, istilah-istilah pada aplikasi dan lainnya. Sehingga perlu dilakukan evaluasi lanjutan untuk melakukan perbaikan aplikasi e-Rapor. Namun sebelum melakukan evaluasi lanjutan, langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan meninjau tingkat kepuasan penggunaan aplikasi. Salah satu metode evaluasi berbasis pengguna yang dapat digunakan adalah berbasis survey. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey yang dideskripsikan secara kuantitatif dengan User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang sudah pernah menggunakan aplikasi e-Rapor dan berstatus sebagai guru aktif. Hasil benchmark untuk aplikasi e-Rapor menunjukkan bahwa terdapat lima skala termasuk dalam kategori excellent yaitu Daya Tarik memiliki nilai 1,90, Efisiensi memiliki nilai 1,91, Ketepatan memiliki nilai 1,81, Stimulasi memiliki nilai 1,92, Kebaruan memiliki nilai 1,69 dan satu skala termasuk dalam kategori good yaitu Kejelasan memiliki nilai 1,99. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa aspek kejelasan masih dapat ditingkatkan, sehingga perbaikan kedepannya dapat difokuskan pada aspek tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, K., & Rahayu, E. T. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 263–269.
Ariwanta, I. P. Y. A., Gunawan, I. M. A. O., & Indrawan, G. (2024). Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Pada Website mahasiswa. pkkb. ac. id Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Journal of Information System Research (JOSH), 5(2), 363–373.
Dewi, H. D. M., Faroqi, A., & Pratama, A. (2023). Evaluasi Perbandingan Pengalaman Pengguna Computer Based Test Pada Test. co. id dan Quizizz Menggunakan Metode UEQ. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 985–995.
Dewi, L. H. K., Sunu, I., & Natajaya, I. N. (2022). Evaluation of the implementation of the e-raport at state high schools in singaraja city. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 13(1), 1–11.
Efendi, R. (2020). Evaluasi E-Learning Flipped Classroom Menggunakan Delone Dan Mclean Model Information System Success. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 4(2), 112–120.
Febrianto, W. A., Putra, W. H. N., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)(Studi Kasus: Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(6), 6099–6106.
Gunawan, I., & Indrawan, G. (2021). User experience evaluation of academic progress information systems using retrospective think aloud and user experience questionnaire. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1), 12015.
Gunawan, I. M. A. O., Indrawan, G., & Sariyasa, S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Kemajuan Akademik Menggunakan Model Incremental Berbasis Evaluasi Usability Dan White Box Testing. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 4(1), 67–78.
Gunawan, I. M. A. O., Putra, I. M. A. W., & Damayanthi, K. L. (2021). Evaluasi Usability pada Website Pustakawan Ganeca Digital Menggunakan User Experience Questionnaire dan Think Aloud. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia;, 6(1). https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view?path=
Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(1), 471553.
Herdiana, G. A., Swarmardika, I. B. A., & Hartati, R. S. (2022). Pengukuran User Experience (Ux) Desain Aplikasi Trouble Ticket Menggunakan Metode Supergolden Ratio. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 5(1), 42–48.
Hiariej, R., & Setiyawati, N. (2022). Evaluasi User Experience Dan Usability Sistem Informasi Tugas Akhir Fti Uksw Menggunakan User Experience Questionnaire Dan System Usability Scale. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 6(2), 58–63.
Hinderks, A., Schrepp, M., José, F., Mayo, D., & José, M. (2019). Computer Standards & Interfaces Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire. Computer Standards & Interfaces, January, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.csi.2019.01.007
Indrawan, G., Gunawan, I. M. A. O., & Sariyasa. (2020). The Usability Evaluation of Academic Progress Information System ( SIsKA-NG ). Advances in Science, Technology and Engineering Systems, 5(2), 460–468. https://doi.org/10.25046/aj050259
Jaffar, M., & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Penggunaan E-Rapor Di Sma Negeri 1 Ampek Angkek, Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 9–17.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R., & Indonesia, dan T. R. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Khasanah, S., & Sutabri, T. (2023). Faktor-Faktor Tampilan Ui/Ux Yang Mempengaruhi Psikologis Manusia. Sainteks: Jurnal Sain Dan Teknik, 5(2), 28–33.
Mardiana, I. (2023). Manajemen Program Asesmen Akhir Semester Berbasis E-Rapor pada Kurikulum Merdeka di SMPN 7 Mataram. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 19–26.
Putra, I. G. P. A. A., KW, P. P. O. J., Gunawan, I. M. A. O., & Indrawan, G. (2024). Evaluasi Usability Website Bukalapak Dan Tokopedia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). INTI Nusa Mandiri, 18(2), 166–175.
Putri, N. A. M. an, Aknuranda, I., & Rusydi, A. N. (2020). Evaluasi Sistem E-rapor Direktorat PSMA Terhadap Aspek Usability dan Utility (Studi Kasus: SMAN 1 Tuban). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(7), 2144–2153.
Sulastarih, E., & Yulia, E. R. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peserta Didik Terbaik Dengan Metode Weighted Product. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 7(2), 209–217.
Tuloli, M. S., Patalangi, R., & Takdir, R. (2022). Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS. Jambura Journal of Informatics, 4(1), 13–26.
Wulanndari, N. D., & Sodik, A. (2023). Uji Usability Website Akademik Universitas XYZ Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika.
Elektro, Sistem Informasi, Dan Teknik Informatika (SNESTIK), 1(1), 393–399.
Published
2024-06-26
How to Cite
ARTAYASA, I Kadek Dwi et al. EVALUASI APLIKASI E-RAPOR MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 10-18, june 2024. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/4013>. Date accessed: 14 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v8i1.4013.
Section
Articles