EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-RAPORT MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY
Abstract
Sistem E-Raport digunakan sebagai sistem informasi yang dirancang oleh sekolah untuk melakukan penginformasian terhadap perkembangan siswa kepada orang tua, yang telah dilaksanakan hampir di seluruh sekolah negeri di indonesia. SDN 11 Sembawa Kabupaten Banyuasin adalah salah satu sekolah negeri di kabupaten banyuasin yang menggunakan sistem e-Raport sebagai media pengganti laporan hasil belajar siswa secara manual. Namun selama website di akses terdapat masalah pada sistem e-Raport seperti sistem yang sering mengalami maintenance atau kendala lain seperti jaringan yang gagal terhubung, lambat, kesulitan masuk pada server, tampilan yang masih kurang menarik, keterlambatan informasi, beberapa kesalahan teknis, ataupun human error. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kepuasan pengguna aplikasi e-raport di SDN 11 Sembawa. Oleh karena permasalahan yang mungkin terjadi tersebut maka perlunya di adakan sebuah evaluasi dengan menerapkan model metode UTAUT 2 yang terdiri dari Variabel berikut Performance Expectancy (Ekspektasi Kinerja), Effort Expectancy (Ekspektasi usaha), Social Influence (Pengaruh Sosial), Facilitating Conditions (Kondisi Pendukung), Hedonic Motivation (Motivasi hedonis), Price Value (nilai harga), dan Habit (Kebiasaan). Guna mendukung dalam melakukan evaluasi dalam penggunaan sistem informasi e-raport, perlu didukung sebuah metode-metode yang dapat melakukan evaluasi terhadap penerimaan sistem. Metode tersebut merupakan UTAUT 2. Maka berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan sebuah evaluasi terhadap sistem informasi e-raport yang ada pada SDN 11 Sembawa.
Downloads
References
Fernande, D. (2019). Evaluasi Peranan Teknikal Dan Manajerial Guru Dalam Implementasi E-Raport (Raport K13) pada SMA Negeri Kota Pagar Alam. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 11(02), 84–94. https://doi.org/10.32767/jti.v11i02.562
Firmansyah, Raupu, S., Nurdin, & Herawati. (2021). Dampak Kemajuan Teknologi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 10(2), 1–17.
Ibrahim, I., Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(Nomor 1), 1–15. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128
Mansyur, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penginputan Penilaian E-Raport Melalui Pelatihan TIK Di SDN-1 Pangkalan Satu Tahun Pelajaran 2019/2020: Improving Teachers’ Competency In Evaluation Inputing E-Raport Through Ict Training At SDN-1 Pangkalan One Study Year. Anterior Jurnal, 20(1), 1–9.
Puspaningrum, A. S., Neneng, N., Saputri, I., & Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94–101. https://doi.org/10.23960/komputasi.v8i2.2692
Sari, E. D., Mardliyah, F. Z., Dwi, F., & Putri, K. (2023). OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. EDUMANAGERIAL:Journal Of Islamic Education Management, 02, 101–115.
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242–252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821
Yuli Prasetyo, D. (2017). Penerapan Metode Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Dalam Memahami Penerimaan Dan Penggunaanwebsite Kkn Lppm Unis. Jurnal SISTEMASI, 6(2), 26–34.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.