ANALISA LAYANAN WEBSITE BADAN PUSAT STATISTIKA KOTA PEKANBARU TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE E-S-QUAL


Abstract
Perkembangan teknologi saat ini telah membuat website menjadi komponen yang sangat penting. Penggunaan TI pada website juga banyak digunakan seperti pada instansi pemerintahan. Salah satu penerapan website pada instansi pemerintah diterapkan pada Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Pekanbaru. Namun, dalam penginplementasi penggunaan website BPS Kota Pekanbaru ditemukan kendala diantaranya yaitu, Situs website belum sepenuhnya memudahkan untuk menemukan apa yang dibutuhkan pengguna, Informasi di website belum di atur dengan baik, website belum menjawab pertanyaan dalam waktu yang tepat, website belum memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya dengan cepat. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi atau sudut pandang pengguna yang melihat situs web BPS Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode E-S-Qual dengan 4 dimensi, yaitu Efficiency, Fulfillment, System Availability, and Privacy dan 23 items. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua variabel hipotesis berpengaruh; variabel privasi memiliki nilai T-statistic 2,027, dan variabel System Availability dengan nilai T-statistic 5,099 dimana kedua variabel tersebut nilai T-Statistic diatas nilai T-tabel > 1.96. Hal ini memberikan pengaruh positif dan signifikan kepuasan pengguna terhadap website BPS Kota Pekanbaru dalam menjaga privacy dan keberlangsungan akses pengguna website.
Downloads
References
Efendi, R. (2020). Evaluasi E-Learning Flipped Classroom Menggunakan Delone Dan Mclean Model Information System Success. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 4(2), 112–120. https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/961
Emil, Yunika, & Rifai. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Dana Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(2), 265–275.
Gunawan, I. A., Jazman, M., Ahsyar, T. K., & Afdal, M. (2023). Riau Province Tourism Website Improvement Program Using E-Govqual and Importance Performance Analysis Methods. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(5), 1053–1061.
Hanifa, N., & Sutresna, J. (2022). Penerapan Metode Webqual 4.0 dan ES Qual Dalam Quality Measurement Pada Website Madu Persada Produsen Madu dan Herbal. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 1(03), 225–235.
Hayat, C., & Simanjuntak, M. R. (2020). Pengukuran Kualitas Website Retail Fashion Urban Icon dengan Metode WebQual 4.0 dan E-S-Qual. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 24–33. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.644
Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 391–400. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3060
Ningsih, W. (2023). Badan Pusat Statistika Kota Pekanbaru. https://pekanbarukota.bps.go.id./
Nurlita, R. I., Kusyanti, A., & Rokhmawati, R. I. (2017). Analisis Kualitas Layanan Website id. oriflame. com Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan ES-QUAL dan E-RecS-QUAL. … Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2(2), 821–830. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/971
Prasetyo, K. W., Pratamal, R. P., & Aditya, A. (2022). Analyzing e-Service Quality and e-Satisfaction Effects on Customer Loyalty at An Indonesian Digital Marketplace. Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 6(1), 126–134. https://doi.org/10.31289/jite.v6i1.7265
Pratama, P. A., & Wijaya, A. (2022). Pengukuran Kualitas Layanan Informasi pada Media Socisl Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Menggunakan Metode E-S-Qual. 2, 2. https://doi.org/10.32524/jusitik.v2i2.437
Ramadania, R. (2021). E-S-Qual and E-Recs-Qual Toward Customer Satisfaction, Trust and Loyalty in Electronic Banking Services During The Covid-19 Pandemic. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 15(1), 100. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2021.v15.i01.p09
Republik Indonesia. (1997). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik (Issue 1). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/45944/uu-no-16-tahun-1997
Wardi, Y., Engriani, Y., & Putra, R. S. (2019). Pengaruh e-s-qual terhadap loyalitas menggunakan aplikasi gojek pada masyarakat kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 8(2), 48–54. https://doi.org/10.24036/jkmb.10885000
Wiryawan, F. Z., Sartika, I., Maghfiroh, E., & Priharsari, D. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan pada Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Website E-Meterai menggunakan Model E-S-Qual dan E-RecS-Qual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(12), 5674–5682. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11966

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.