APLIKASI MOBILE BOOKING LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID
Abstract
Futsal adalah salah satu bidang olahraga yang sangat popular di Indonesia. Olahraga ini disediakan sarananya dalam jasa penyewaan lapangan futsal. Pada proses penyewaan lapangan futsal saat ini masih menggunakan sistem yang sederhana yang dirasa kurang efektif dan efisien karena tidak adanya informasi detail seperti jadwal dan biaya sewa lapangan. Oleh sebab itu, peneliti bermaksud untuk merancang suatu aplikasi yang mempermudah dalam proses penyewaan lapangan futsal. Aplikasi ini dibuat agar pelanggan dapat melakukan proses booking tanpa harus mendatangi lokasi lapangan, aplikasi ini juga dapat memperlihatkan jadwal dan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini dibangun dengan metode pengembangan sistem SDLC dengan model waterfall, untuk pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language), serta software yang digunakan yaitu Android Studio dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi booking lapangan futsal berbasis android ini dapat memudahkan pelanggan dalam proses booking.
Downloads
References
Ardiansah, T., & Hidayatullah, D. (2022). Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Web. Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science (ITSECS), 1(1), 6–13. https://doi.org/10.58602/itsecs.v1i1.8
Fachri, B., & Surbakti, R. W. (2021). Perancangan Sistem Dan Desain Undangan Digital Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Website (Studi Kasus: Asco Jaya). Journal of Science and Social Research, 4(3), 263. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.692
Hermansyah, Farta Wijaya, R., & Budi Utomo, R. (2023). Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Masjid Berbasis Web. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(5), 563–571. https://djournals.com/klik
Kristanto, B. K., Yosep, E. P., & Sijabat, D. R. (2021). Aplikasi Gofutsal Untuk Pemesanan Lapangan Futsal Berbasis Android. J-Intech, 9(02), 63–69. https://doi.org/10.32664/j-intech.v9i02.584
Kurniawati, & Badrul, M. (2021). Penerapan Metode waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), 57–52. https://doi.org/10.30656/prosisko.v8i2.3852
Laia, F., & Hutabri, E. (2020). Perancangan Aplikasi E-Futsal Sports Berbasis Android Di Kota Batam. CESS (Journal Of Computer Engineering, System and Scence), 5(2), 216–220.
Maezar, A., Aji, B., Aulianita, R., Oloan, B., Program, L., Sistem Informasi, S., & Informasi, F. T. (2021). Sistem Informasi Penjualan Jersey Berbasis Web Dengan Menggunakan Agile Software Development. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 409–421. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.637
Olindo, V., & Syaripudin, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 1(01), 17–26.
Prasetya, A. F., Sintia, S., & Putri, U. L. D. (2022). Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah Komputer …, 1(1), 14–18.
Ratnasari, D., Firman Hadi, H., & Budiarto, J. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi, 1(2), 144–157. https://doi.org/10.31326/sistek.v1i2.676
Swara, G. Y., Warman, I., & Putra, dede wira trise. (2022). Implementation Of The Waterfall Model On Android-Based Travel Ticket Booking Applications. Journal of Information System, Informatics and Computing, 6(1), 235–245. https://doi.org/10.52362/jisicom.v6i1.815
Tetno, H. P., & Hadinata, I. Y. (2020). Arena Futsal Upaujaya Di Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong. Lanting Journal of Architecture, 9(2), 48–55. https://doi.org/10.20527/lanting.v9i2.681
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.
Zaki, B., & Putra, S. D. (2018). Aplikasi Bengkel Online Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android pada CV. RUMAH OTOMOTIF ISSN : 2597-3673 ( Online ) ISSN : 2579-5201 ( Printed ). Journal of Information System, Informatics and Computing, 2(2), 16–25.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.