IMPLEMENTASI STRATEGI E-CRM PADA PENJUALAN BUSANA

  • Zulfi Azhar STMIK Royal Kisaran
Abstract viewed = 87 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 140 times

Abstract

Toko Reza Sukses merupakan usaha bisnis yang bergerak di bidang penjualan busana seperti baju dari anak-anak hingga dewasa, pria maupun wanita. Toko Reza Sukses memahami keinginan pelanggannya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga hubungan baik antara pelanggan dan pemilik usaha. Toko ini tidak memiliki aktivitas ataupun strategi khusus  dalam menangani pemasaran, produk dipasarkan secara konvensional dengan cara pelanggan memberikan informasi tempat dan produk ke calon pelanggan yang lain. Penyebaran informasi yang tidak efektif membuat pelanggan tidak mengetahui informasi terbaru pada Toko ini. Electronic Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan pada Toko Reza Sukses ini dalam membangun, mengelola, dan memperkuat jalinan komunikasi dengan para pelanggannya. E-CRM juga dapat membantu Toko Reza Sukses tentang produk yang dibutuhkan para pelanggan terkait dengan produk busana baju. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada Toko ini dapat membantu dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Serta selanjutnya akan memudahkan Toko ini dalam penjualan produk busana baju yang sesuai dengan keinginan para pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Irma Saputri1, Zulfi Azhar, and Rika Nofitri, Perancangan E - CRM Penjualan Busana Baju Pada Toko Guntur Jaya, J-Com (Journal of Computer). vol. 3, no. 1, Maret 2023, pp. 55 – 62 .
Antika, S., Hambali, H., & Akmal, A. (2022). Konsep Sistem Customer Relationship Management Pada Toko Penjualan Produk. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), 537–546. https://doi.org/10.47065/bits.v3i4.1308
Apriyanti, R., Rohman, F., & Indrawati, N. K. (2021). Pengaruh e-CRM terhadap Kualitas Hubungan dan Hasil dengan Atribut Layanan dan Pemulihan Layanan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 129. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i1.5287
Ariska, A. M., Irawati, N., & Muhazir, A. (2022). Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 1090. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.4002
Dini Wulandari, Zulfi Azhar, and Afdhal Syafnur, (2022), "Perancangan E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan Pada Intan Laundry", JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi ISSN, vol. 2 no. 3, October 2022, pp. 229-236.
Galih, Alivia, N., & Sandi Apriandi. (2023). Perancangan Sistem Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Website di PT Aguna Amreta Ardaya. Tematik, 10(1), 113–123. https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1328
Hasan, G., Wijaya, C., & Noviani, M. (2023). Application of Customer Relationship Management (CRM) to MSME Mie Pangsit Ayam Bangka Mr.Ong Batam Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM Mie Pangsit Ayam Bangka Mr.Ong Batam. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), 2785–2795. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Herlyanto, D. (2020). Sistem Electronic Customer Relationship Management Dengan Metode Item Based Collaborative Filtering Pada Toko Retail Di …. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20870%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/20870/08 naskah publikasi.pdf?sequence=12&isAllowed=y
Merti Warsela, (2021). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK
MENDUKUNG MARKETING CREDIT EXECUTIVE
(STUDI KASUS: PT FIF GROUP) Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI)
Vol. 2, No. 2, Juni 2021, 78 – 87
E-ISSN: 2746-3699. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.4002
Novita, S. (2021). Pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan The effect of experiential marketing and customer satisfaction on customer loyalty. 13(3), 544–553.
Rachmi Muti'ah Fadillah, Ali Ibrahim. (2023). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI UP-SELLING DAN CROSS-SELLING JOISIE Journal Of Information System And Informatics EngineeringVol. 7, No.1, Juni 2023, Hlm 85-96 p- ISSN: 2503-5304 e- ISSN: 2527-3116.
Solechan, A., & Kusumo, H. (2022). Strategi e-CRM Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen : Sebuah Literatur Review. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.51903/dinamika.v2i1.142
Yanto, W., & Mulyono, H. (2022). Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada Nada Salwa Tour & Travel Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 7(3), 379–393. https://doi.org/10.33998/jurnalmsi.2022.7.3.176
Yuliyanti & Nurahman (2021). Penerapan E-CRM untuk Media Promosi Online dengan metode SDLC pada Madrasah Al-Falah Bumi Agung. Sistem Dan Informatika (Jsi), 77–88. https://www.jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/420/223
Published
2024-06-30
How to Cite
AZHAR, Zulfi. IMPLEMENTASI STRATEGI E-CRM PADA PENJUALAN BUSANA. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 176-186, june 2024. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/4294>. Date accessed: 19 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v8i1.4294.
Section
Articles