APLIKASI GAMIFY PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

  • Havin Neo Dimas Nugraha Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Suyud Widiono Universitas Teknologi Yogyakarta
Abstract viewed = 21 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 13 times

Abstract

Setiap perusahaan memiliki visi dan misi untuk mendukung kemajuan dan pengembangan bisnis. Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bagian penting yang layak mendapatkan perhatian. Perusahaan memiliki kebutuhan penting untuk menyiapkan program pelatihan dan pengembangan dalam rangka menyiapkan SDM yang berkualitas dan kompeten. Pada perusahaan masih menggunakan metode pelatihan konvensional sehingga karyawan yang mengikuti kegiatan cenderung rendah tingkat keterlibatannya dan rendah motivasi. Pelatihan konvensional sering kali dianggap membosankan dan kurang interaktif sehingga menyebabkan karyawan tidak sepenuhnya memahami materi yang diajarkan. Akibatnya, kualitas pelatihan menurun dan perusahaan kesulitan dalam mengidentifikasi karyawan yang berbakat dan kompeten. Untuk menangani masalah sistem yang masih konvensional perlu dilakukan penelitian untuk menciptakan sistem baru  yang dapat membantu mengelola SDM pada perusahaan. Metode gamifikasi dengan penggunaan elemen-elemen permainan dalam konteks non-permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi karyawan ketika menggunakan sistem dalam bentuk aplikasi. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode User Centered Design (UCD). Sistem dibuat dalam bentuk situs web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL untuk mengelola data-datanya. Ketika aplikasi sudah jadi, maka pengujian dilakukan dengan Black Box Testing. Aplikasi yang dihasilkan dalam bentuk website dilengkapi dengan fitur “Game Play” yang dapat meningkatkan ketertarikan karyawan. Berdasarkan hasil akhir penelitian, aplikasi ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi karyawan yang berbakat dan kompeten, serta meningkatkan efektivitas program pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, A., Ardani Manurung, K., & Daffa Baihaqi Purnomo, M. (2022). Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi. Mimbar Kampius: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21. https://doi.org/10.17467/mk.v21i2.935
Ariani, D. (2020). Gamifikasi untuk pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 144–149.
Arnan, S., Meiriza, A., Oktadini, N., Putra, P., & Sevtiyuni, P. (2024). Penerapan Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan System Register BRI Document Management System. Journal of Information System Research (JOSH), 5(4), 1381–1381.
Aziz, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Jurnal Komputer & Informatika, 4(3).
Cahya, A. D., Rahmadani, D., Wijiningrum, A., & Swasti, F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Agus Dwi Cahya. YUME : Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.861
Prasetiyo, B. D., Kusuma, W., & Anshori, M. (2024). Perancangan Aplikasi Keuangan Perguruan Tinggi Menggunakan Kombinasi HCD, Persona, dan MVP. Journal Of Information Systems And Informatics Engineering, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.35145/joisie.v8i1.4118
Huda, W. M., Sukmasetya, P., & Artha. E. U. (2022). Implementasi User Centered Design Pada Rancangan Pengembangan UX Aplikasi Pendataan Kegiatan Marketing. Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 1779.
Nugroho, D. Y., & Situmorang, K. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di YPK Penabur Bandar Lampung. Prosiding PKM-CSR, 2, 2655–3570.
Praniffa, A., Syahri, A., Sandes, F., Fariha, U., Giansyah, Q., & Hamzah, M. (2023). Pengujian Black Box dan White Box Sistem Informasi Parkir Berbasis Web. Jurnal Testing Dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), 1–16.
Sintia, P., & Supratman, E. (2023). Desain UI/UX Pengelolaan Sampah Sebagai Media Pembayaran SPP Taman Kanak Kanak Menggunakan Metode Design Thingking. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(2), 193–203.
Supriagi, N., Hidayat, T., & Ahmad, A. (2020). Pendidikan Manufaktur Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Inovasi Di Era Industri 4.0. ADIMAS : Adi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.
Suseno, D. B., Nuryanto, U. W., Fidziah, & Silalahi, S. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia (D. L. Wati & M. Husni, Eds.; 1st ed.). Eureka Media Aksara.
Yulianti, H. (2021). Pemanfaatan Sistem Pelatihan E-learning pada Pengembangan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pengujian ISO 9126. Jurnal Multinetics, 7(1).
Zuraiyah, T., & Sadiah, H. (2021). Pengembangan Learning Management System (LMS) Pelatihan SDM Menggunakan PHP dan MySQLi. JUBIKOM : Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Komputer, 1(2), 78–88.
Published
2025-01-01
How to Cite
NUGRAHA, Havin Neo Dimas; WIDIONO, Suyud. APLIKASI GAMIFY PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 323-332, jan. 2025. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/4715>. Date accessed: 17 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v8i2.4715.
Section
Articles