ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA APLIKASI INDRIVE MENGGUNAKAN METODE UTAUT2
Abstract
InDrive adalah layanan transportasi online berbasis aplikasi yang memberikan layanan dalam berbagai jenis kendaraan seperti motor, mobil, serta layanan lainnya seperti kurir, pengiriman antar kota, dan pengiriman barang berjumlah atau berukuran besar dengan menggunakan mobil khusus. Aplikasi InDrive memiliki keunggulan di berbagai fiturnya, akan tetapi dikarenakan persaingan bisnis menjadikan aplikasi InDrive tidak sepopuler aplikasi layanan transportasi lainnya, dengan demikian perlu dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku pengguna terhadap aplikasi InDrive dengan menggunakan konstruk-konstruk Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil yaitu dari 25 hipotesis terdapat 6 hipotesis yang memiliki dampak terhadap niat perilaku pengguna aplikasi InDrive di Indonesia diantaranya Behavioral Intention memiliki dampak signifikan terhadap Use Behavioral, Habit memiliki dampak signifikan terhadap Behavioral Intention, Habit memiliki dampak signifikan terhadap Use Behaviour, Social Influence memiliki dampak signifikan terhadap Behavioral Intention, Gender mempengaruhi Hedonic Motivation yang memiliki dampak signifikan terhadap Behavioral Intention, dan Experience mempengaruhi Behavioral Intention yang memiliki dampak signifikan terhadap Use Berhavior
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.