PENGARUH PERILAKU ETIS, INTEGRITAS DAN EQUITY SENSITIVITY MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PRAKTIK KECURANGAN KOMPETENSI


Abstract
This research aims to analyze the influence of ethical behavior and morality based on integrity and equity sensitivity of accounting students on competency fraud practices. The focus of the research was carried out on accounting students at universities in Serang City, both public and private, with a population of 127 respondents. Through the saturated sample method, 127 validated respondents became the research sample and then the analysis process was carried out using descriptive techniques and hypothesis testing using SPSS 27. The results of hypothesis testing showed that there was a significant influence between ethical behavior on the practice of competency fraud, Integrity had a significant influence on practice. Competency fraud and equity sensitivity have a significant effect on the practice of competency fraud carried out by accounting students throughout the city of Serang.
Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh perilaku etis dan moralitas berdasarkan integritas dan equity sensitifity mahasiswa akuntansi terhadap praktik kecurangan kompetensi. Fokus penelitian dilakukan pada mahasiswa akuntansi yang berada pada perguruan tinggi di Kota Serang baik berstatus negeri maupun swasta dengan jumlah populasi sebanyak 127 responden. Melalui metode sampel jenuh maka responden yang telah tervalidasi sebanyak 127 menjadi sampel penelitian dan selanjutnya dilakukan proses analisa dengan teknik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 27. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara perilaku etis terhadap praktik kecurangan kompetensi, Integritas berpengaruh signifikan terhadap praktik kecurangan kompetensi dan equity sensitifity berpengaruh signifikan terhadap praktik kecurangan kompetensi yang dilakukan mahasiswa akuntansi se Kota Serang.
References
Daniar, R. W. P., Noviyansyah, R., & Sulistyar, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Widya Gama Press.
Dewi, M. K. (2019). Moralitas Dan Perilaku Curang. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 9(1), 438–453.
Djaelani, Y., Zainuddin, Z., & Mustari Mokoginta, R. (2022). Academic fraud of students in the Covid-19 period. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 11(2), 414–422. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i2.1640
Florensia, F. (2016). PENGARUH KOMPETENSI MAHASISWA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK DALAM UJIAN. 0, 1–23.
Hafizha, R. (2022). Pentingnya Integritas Akademik. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i2.56
Hertati, L. (2023). Exploring Moralitas Individual Mahasiswa, Sebuah Peran Mengatasi Etika Kecurangan Mahasiswa Akuntansi Di Dunia Pendidikan. Jurnal Relevansi : Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 132–142. https://doi.org/10.61401/relevansi.v7i2.106
Huseman, R. C., Hatfield, J. D., & Miles, E. W. (1987). A New Perspective on Equity Theory: The Equity Sensitivity Construct. Academy of Management Review, 12(2), 222–234. https://doi.org/10.5465/amr.1987.4307799
Kamilah, E. N. (2015). r-Tabel. In Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Universitas (p. 91).
Kamilah, E. N. (2021). T-Tabel. In Matode Penelitian Kuantitaif (p. 972).
Manalu, P. B., & Sari, N. (2024). Perilaku Kecurangan Akademik Ditinjau Dari Penyalahgunaan Teknologi Informasi, Integritas Mahasiswa, Kompetensi Moral dan Kepercayaan Diri. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(1), 105–116. https://doi.org/10.32500/jematech.v7i1.6093
Mikoshi, M. S., Yurniwati, Y., & Yohana, D. (2020). Pengaruh Gender, Locus of Control, dan Equity Sensitivity terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Andalas. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 345. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.145
Nazaruddin, I., Pangestu, D. A., & Utami, T. P. (2023). Pengaruh Moralitas Individu, Religiusitas dan Integritas Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Atas Perilaku Kecurangan Akuntansi.pdf. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 11(2), 359–368.
Noviyani, N., & Natalia, E. Y. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Moralitas Mahasiswa Akuntansi di Kota Batam. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 2686–2698. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.4601
Putri, E. A. (2019). Pengaruh Diamond Fraud dan Etika Terhadap Kecurangan Akademik di Lingkungan Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya. In STIE Perbanas: Vol. (Issue).
Rachmania, D., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh Equity Sensitivity, Gender, Intellectual Intelligence Dan Locus of Control Terhadap Ethical Behaviour. COMPETITIVE Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 8. https://doi.org/10.31000/competitive.v5i1.4032
Riny, R., Dessyana, D., & Yolanda, Y. (2021). Mendeteksi Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Akuntansi STIE Mikroskil. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 99–110. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.775
Selviana, & Irwansyah. (2023). Pengaruh Fraud Hexagon, Faktor Organsasi dan Integritas Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Edunomika, 08(01), 1–20.
Sipayung, Y. A., Aprila, N., Akuntansi, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Bengkulu, U. (2024). Pengaruh Dimensi Fraud Crowe Pentagon terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1723–1736. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i3.5659
Sugiarta, P. A., & Werastuti, D. N. S. (2021). Pengaruh Locus Of Control, Integrity, Equity Sensitivity Dan Budaya Etis Organisasi Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 12(03), 906–919.
Surajiyo, S. (2022). Prinsip-Prinsip Etis Profesi Akuntan. Prosiding Serina, 781–788.
Syahrum. (2013). F-Tabel. In Metode Penelitian Kuantitatif (pp. 94–99).
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Ananda (ed.)). Citapustaka Media.
Titaresmi, K. (2018). Pengaruh Equity Sensitivity, Ethical Sensitivity, Dan Gender Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Pada STIESIA Surabaya Kurnia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(9), 1–17.
Wardani, D. K., & Simbolon, R. H. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar dan Ajaran Tri Juang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(1), 11–22. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i1.1458

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.