DAMPAK HARGA, ULASAN ONLINE, DAN RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA
Abstract
E-commerce development in Indonesia has increased significantly with percentage of 78% where e-commerce transaction reached 435 trillion on November 2022. This condition encourages competition of each e-commerce is getting tougher. Purpose of this research was to analyze the impact of price, online review and rating to purchase decision on Tokopedia e-commerce. The population in this research are customers who have made purchases on Tokopedia e-commerce. The sampling technique used accidental sampling with the number of samples as much as 150 respondents. Data analysis used multiple regression analysis. The results show that price has positive significantly effect on purchase decision while online review and rating have no significant effect on purchase decision.
Perkembangan e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dengan persentase mencapai 78% dimana nilai transaksi e-commerce mencapai 435 triliun pada November 2022. Kondisi ini mendorong tingkat persaingan antar e-commerce semakin tajam. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisa pengaruh harga, ulasan online dan rating terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia. Populasi penelitian adalah konsumen yang telah melaksanakan pembelian pada e-commerce Tokopedia. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Teknik analisa data menggunakan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian sedangkan ulasan online dan rating berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Annur, C.M. (2023). Transaksi e-commerce di Asia Tenggara Meningkat 14% pada 2022. [Online]. Retrieved Juni 21, 2023, from : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/21/transaksi-e-commerce-di-asia-tenggara-meningkat-14-pada-2022.
Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. (Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55–66.
Fatahila, Y. (2022). Menengok Perkembangan e-commerce di Indonesia. [Online]. Retrieved Feb 21, 2022, from : https://www.atome.id/blog/menengok-perkembangan-e-commerce-di-indonesia.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911/31075
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera., & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. In Widina. Widina Bhakti Persada Bandung. Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/40791/1/PERILAKU KONSUMEN CETAK.pdf
Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. 18210047, 1–13.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101
Laeli, R. N., & Prabowo, R. E. (2022). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Journal of Management & Business, 5(2), 306–314.
Lestari, F. B. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Di Kota Tegal. Universitas Pancasakti Tegal.
Listighfaroh, M. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya.
Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 882–888. https://forms.gle/t44jvKgVK6XAiZwi8.
Mutia, A. (2022). Dua E-commerce Bersaing Ketat Jadi Brand Paling Direkomendasikan, Apa Saja?. Retrieved Sept 13, 2022, from : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/13/dua-e-commerce-bersaing-ketat-jadi-brand-paling-direkomendasikan-apa-saja.
Ningsih, E. S. P. (2019). Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Nugroho, D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tono Motor Di Kota Semarang. Universitas Semarang.
Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Stie Pasaman). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474. https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.298
Rizaty, M.A. (2023). Transaksi e-commerce RI Tak Capai Target pada 2022. [Online]. Retrieved Jan 24, 2023, from : https://dataindonesia.id/digital/detail/transaksi-ecommerce-ri-tak-capai-target-pada-2022.
Sari, C. P., Dasmadi, & Puji, R. L. (2020). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Industri Tahu Dadi Jaya Di Boyalali Tahun 2020). 8(2), 49–60.
Sari, I., Rinawati, T., & Rizkiana, C. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Online Customer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(2), 160–169.
Sari, W. H. P., Efendi, A., & Fenny, S. (2021). Pengaruh Promosi, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Indonesia). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1, 365–375.
Saskiana, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Service Quality, E-Trust dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Pada Konsumen Marketplace Shopee di Surabaya [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel]. http://digilib.uinsby.ac.id/50311/3/Della Saskiana_G03217012.pdf
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Penerbit Andi. Yogyakarta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.