PENGARUH PRODUCT QUALITY, PRICE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA MEREK UNIQLO DI KOTA PEKANBARU

  • Julianti Virawati Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Jennifer Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The purpose of this study was to determine the effects of product quality, price and brand image on purchase decisions. This research was conducted at the Uniqlo Living World Pekanbaru Store. The population in this study were all visitors to the Uniqlo Living World Pekanbaru Store, whose exact number was not known, so using the Roscoe formula the sample was set at 120 people using the accidental sampling method. Data analysis in this study used multiple linear regression analysis. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that Product quality have a positive but does not significant effect on purchase decisions at Uniqlo Brand in Pekanbaru City. Price has a positive and significant influence on purchase decisions at Uniqlo Brand in Pekanbaru City. Brand image has a positive and significant influence on purchase decisions at Uniqlo Brand in Pekanbaru City.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh product quality, price, dan brand image terhadap purchase decision. Penelitian ini dilakukan di Store Uniqlo Living World Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Store Uniqlo Living World Pekanbaru dengan jumlah yang tidak diketahui dengan pasti, maka dengan rumus roscoe sampel yang ditetapkan sebanyak 120 orang dengan metode accidental sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan Product quality berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap purchase decision pada Merek Uniqlo di Kota Pekanbaru. Price memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap purchase decision pada Merek Uniqlo di Kota Pekanbaru. Brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision pada Merek Uniqlo di Kota Pekanbaru.

References

Aaker, & Biel. (1993). Brand Equity and Advertising : Advertising’s Role in Building Strong Brand.
Anggraeni, D., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171–177.
Anwar, A. F., Darpito, S. H., & Nurrohim, H. (2022). Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, Perceived Price terhadap Niat Beli Survei Pada Generasi Muda Calon Konsumen Produk Thrift di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(2), 327–336. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i2.1422
Arif, M., Sabri, Nagari, P., & Nasfi. (2020). SWOT Analisis dan Matrik SWOT Analisis Dalam Rangka Pemasaran Produk Pendanaan Bank (Studi PT. BPR Rangkiang Aur). Jurnal Point Equilibrium Manajemen & Akuntansi, 2(1), 12–27.
Cronbach, L. J. (1946). A case study of the splithalf reliability coefficient. Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1037/h0054328
Dihni, V. A. (2022). 10 Merek Fesyen Favorit Masyarakat Indonesia, Siapa Juaranya? Databoks.Katadata.Co.Id, 2022.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek : Planning dan Strategy. June.
Garvin. (2016). Strategi Pemasaran.
Gazzola, P., Pavione, E., Pezzetti, R., & Grechi, D. (2020). Trends in the Fashion Industry. The Perception of Sustainability and Circular Economy : A Gender / Generation Quantitative Approach.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ilyas, M. A. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi (Studi Kasus pada PT. Citra Mulia Madura). 26–27.
Kotler, & Armstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran.
Kusuma, S. S., Wijayanto, A., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Uniqlo (Studi pada Konsumen Uniqlo Dp Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 807–813. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35892
Lahap, J., Ramli, N. S., Said, N. M., Radzi, S. M., & Zain, R. A. (2016). A Study of Brand Image towards Customer’s Satisfaction in the Malaysian Hotel Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224(October), 149–157. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.430
Marcelina, P. S., Teyseran, Y. J., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga TerhadapKeputusan Pembelian Produk Fashion Pada KonsumenIndonesia. Jurnal Jimek, Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirahusahaan, 3(2), 1–2.
Mulyadi, A., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 15, 87–94.
Oktadiani, O. D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fashion Uniqlo Di Tunjungan Plaza Mall.
Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga, Kompetitif, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelangan Nesty Collection Jakarta). 6(3).
Rosniyenti, & Sabri. (2020). Analisis Pengaruh Merek , Harga, Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Levi’S Tailor Simpang Senggol Biaro Kab.Agam. Jurnal Ekonomi, 23(2), 97–116. https://doi.org/10.47896/je.v23i2.182
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business 7th Edition. In Research methods for business. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.1186/1747-597X-9-27
Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Salemba Empat.
Somantri, B., Agus, & Sobandi. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal, 1.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. ANDI.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
Tasia, A. A., & Kinasih, D. D. (2022). Pengaruh Brand Image , Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Pekanbaru. 2(1), 74–85.
Yuvita, H., & Wahab, Z. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei Terhadap Nasabah Bank Bni Syariah Di Kota Palembang). Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 431. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i3.004
Published
2024-03-31
How to Cite
VIRAWATI, Julianti; CHANDRA, Jennifer. PENGARUH PRODUCT QUALITY, PRICE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA MEREK UNIQLO DI KOTA PEKANBARU. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 99-110, mar. 2024. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/4352>. Date accessed: 17 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v12i1.4352.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.