PURCHASE DECISION FOR MAYBELLINE LIPSTICK PRODUCTS ON THE TIKTOK SHOP APPLICATION


Abstract
This research aims to determine the influence of electronic word of mouth, social media influencers, and consumer trust on purchasing decision of Maybelline lipstick on TikTok Shop application in Pekanbaru City. The population in this study was the people of Pekanbaru City, female who had bought Maybelline lipstick at the TikTok Shop. The sampling technique in this research used non-probability sampling with a sample size of 120 respondents. Data was obtained by distributing questionnaires using Google Form. The sampling technique for this research is purposive sampling. The data analysis technique in this research is multiple linear regression analysis technique using the SPSS program. From the results of this research, social media influencers and consumer trust had a significant influence on purchasing decisions for Maybelline lipstick on the TikTok Shop application in Pekanbaru City.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, influencer media social, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian lipstik Maybelline pada aplikasi TikTok Shop di Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Pekanbaru, khususnya perempuan yang pernah membeli lipstik Maybelline di TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Dari hasil penelitian ini, influencer media sosial dan kepercayaan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik Maybelline pada aplikasi TikTok Shop di Kota Pekanbaru.
References
Diana, E. N., Rapini, T., & Chamidah, S. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen , Brand Image Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cosmetic Merek Y.O.U. 2(1), 50–62.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen: (Sikap Dan Pemasaran) (Cetakan pertama). Budi Utama.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, F., Sherly, & Sudirman, A. (2020). Pemasaran Dan Media Sosial. CV. Media Sains Indonesia.
Hapsawati Taan. (2017). Perilaku Konsumen dalam Berbelanja. In Zahir Publishing (hal. viii+94). Zahir Publishing.
Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-Wom, dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Prosiding Biema, 1(1), 60–74.
Kasakeyan, R. F., Tawas, H. N., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Experiental Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado. Jurnal EMBA, 9(4), 1208–1217.
Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022). Pengaruh Instagram dan EWOM Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 14(1), 11–28. https://doi.org/10.37477/bip.v14i1.242
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson Education.
Nugroho, T. A. (2022). Pengaruh Influencer Media Sosial dan Citra Merek Terhadap Keoutusan Pembelian Produk Sepatu Compass (Studi Pada Konsumen Sepatu Compass di Malang).
Nuraidah, & Megawati, L. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan e-wom terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow (Survei pada Pelanggan Store Ms Glow Sukabumi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(April), 386–400.
Pratiwi, A. D., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Iklan, Dan Electronic – Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Skincare Brand Npure Di Kota Semarang). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6).
Pratiwi, D. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Series Serum. Dinda Noer Pratiwi , Ana Noor Andriana, 5(1), 132−140.
Purwanto, K., Wiska, M., Hardiyanti, T., Indonesia, U. D., Baru, K., & Barat, S. (2023). Pengaruh Social Media Influencer , Viral Marketing , Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Melalui Aplikasi Youtube ( Studi Kasus Mahasiswa Undhari 2019-2022 ). 17(1), 18–29.
Putri, R. C., & Handayani, L. S. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Digital Marketing Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina. Gema Ekonomi (Jurnal Fakultas Ekonomi), 12(5).
Putri, Y. I., Nursanti, A., & Wasnury, R. (2022). Pengaruh Social Media Influencer dan Brand Image Terhadap Brand Trust dan Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. JOM FEB, 9, 1–15.
Rahmah, R. M., & Supriyono. (2022). The Effect of Electronic Word of Mouth And Brand Image on Purchase Decision of Sariayu Face Mask Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Sariayu. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2352–2359. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Rohman, M., & Pramesti, D. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda di Magelang Selama Pandemi Covid-19. Borobudur Management Review, 2(2), 190–205. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.6933
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar:Manajemen Pemasaran. CV. PUSTAKA ABADI.
Suhandi. (2020). Pengaruh Iklan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Merek Wardah. Jurnal Manajemen, 6(2), 75–79.
Wisnu, M., & Muhammad, L. (2022). Pengaruh Social Media Influencer, Brand Awarness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian MS GLOW. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 5(2), 155–163.
Yulianawati, R. N., Askandar, N. S., & Mawardi, M. C. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Membeli Produk Kosmetik (Studi Kasus Mahasiswa Kota Kediri). Islamic Economic and Finance Journal, 3(2), 565–574.
Yuniarti, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora (Vol. 18, Nomor 1, hal. 27–37).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.