ANALYSIS OF CONSUMER SATISFACTION AND CONSUMER LOYALTY OF POCARI SWEAT


Abstract
This study aims to determine the effect of price, advertising appeal and product quality on consumer satisfaction and consumer loyalty of Pocari Sweat Dumai (case study of Batam Jaya Dumai consumers). This study uses primary data. The sampling technique in this study uses accidental sampling. The number of samples obtained was 150 respondents. The analysis method of this study uses descriptive analysis and several types of evaluations using SPSS software. From this study, it was concluded that price and product quality have a significant effect on consumer satisfaction while advertising appeal has a positive but insignificant effect on consumer satisfaction. Then the price variable and the advertising appeal variable do not have a significant effect on consumer loyalty, the product quality variable has a significant positive effect on consumer loyalty and the consumer satisfaction variable has a significant negative effect on consumer loyalty in Batam Jaya (Case study of Batam Jaya Dumai consumers).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, daya tarik iklan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen Pocari Sweat Dumai (studi kasus konsumen Batam Jaya Dumai). Penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 150 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan beberapa jenis evaluasi menggunakan perangkat lunak SPSS. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa harga dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, sementara daya tarik iklan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian, variabel harga dan variabel daya tarik iklan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan variabel kepuasan konsumen memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen di Batam Jaya (studi kasus konsumen Batam Jaya Dumai).
References
Aida Zahrotu Amalia, Handoyo Djoko W, and Reni Shinta Dewi. 2012. “Pengaruh brand awarenes dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada kartu GSM prabayar simpati (studi kasus pada konsumen kecamatamn pedurungan).” (024):1–12.
Aini Enggar, Windawati dan Retno. 2009. “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Produk Dengan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada PT Natasha Skin Care Yogyakarta ; Universitas Muhammadiyah ; Yogyakarta.”
Aisa, Ayasofya Nur. 2018. “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Distribusi, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Pemediasi.”
Amaliyah, Alifani. 2012 “Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian minuman isotonik pocari sweat.”
Anggraeni. 2016. “Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 37(1):171–77.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Bulan, T. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam 5(2):592–602.
Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta. Alih Bahasa : Diana Angelica Dan Ria Cahyani.
Djaslim, Saladin. 2014. Intisari Pemasaran Dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung, Linda Karya.
Durianto, Darmadi. 2010. Manajemen Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.
Foedjiwati, Hatane Samuel. 2005. “‘Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek (Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya)’,.”
Garvin, D. A. 2014. Managing Quality. New York: The Free Pres.
Ghozali. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.”
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.
Handayani, E., and H. B. Siahaan. 2016. “Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Loyalitas Klien Pt. Mega Jasa Reinsurance Brokers.” Jurnal Pengembangan … 131–40.
Irawan. 2005. Asas-Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Ismainar. 2015. “Pengaruh penetapan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di assalaam hypermartket kartasura.” Ekp 13(3):1576–80.
Kotler, Keller. 2016. Marketing Management. Edisi Ke 15, Penerbit Pearson Education Limited.
Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas, PT. Indeks, Jakarta.
Lamidi, and Marjam Desma Rahadhini. 2013. “Pengarh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan green produk sepeda motor honda injection dengan kepuasan sebagai variabel moderasi (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISRI Surakarta).” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 13(2):139–50.
Lestari, Putu Galih Jananuraga Ni Putu Nina Eka. 2020. “Iklan, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Keputusan Pembelian Putu Galih Jananuraga.” 17(1):133–49.
Mowen, M. 2012. Akuntansi Manajerial, Buku 1 Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Novrianda, Herry. 2019. “Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan konsumen(Studi Kasus Pada Konsumen Industry/ Toko Bakery Di Kota Bengkulu).” Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen 13(1):71–85.
Pamela Montung, Jantje Sepang, Decky Adare 2015. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 15(5):678–89.
Peter, Paul J., and Jerry C. Olson. 2013. Consumer Behavior Marketing.
Philip kotler, and keller. 2016. Marketing Management. Vol. 13.
Philip Kotler, Kevin Lane Kelle. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ke 12. Jakarta: Erlangga.
Pongoh, Melysa Elisabeth. 2013. “Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel Di Kota Manado.” Jurnal EMBA 1(4):1–5.
Pratiwi, Dinar Ika. 2010. “analisis pengaruh harapan pelanggan, kualitas produk, kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelangan internet flasg unlimited di semarang"
Pureklolong, Florensius. 2017. “Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen.” Solid State Ionics 2(1):1–10.
Rafiqi Purwo Adi. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.” Management Analysis Journal 2(1):110–15.
Ratnasari, Nita. 2018. “Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk pocari sweat.” Computers and Industrial Engineering 2(January):6.
Rivai, Ade Risman dan Triyono arief whyudi 2017. n.d. “Pengaruh Persepsi Kuaitas, Citra Merek, Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi.”
Rodriguez, K. P. 2008. “Apparel Brand Endorsers and Their Effects on Purchase Intentions: A Study of Philippine Consumers”. Philippine Management Review.
Rohmawati, Nia Eka. 2020. “Pengaruh daya tarik iklan, citra merek, kualitas produk, harga dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen pengguna paket data im3 ooredoo ‘Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung.’”
Satrio, Muhammad Randi, Chalil Chalil, and Ira Nuriya Santi. 2020. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Makan Dua Putri Di Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah.” Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) 3(2):111–22.
Sufa, Faela. 2016. “‘Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost Di Sekitar UNDIP Tembalang, Semarang)’. Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisn.”
Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.”
Sunyoto, Danang. 2009. “Analisis Regresi Dan Uji Hipotesis. Media Pressindo : Yogyakarta.”
Tjahjaningsih, Endang. 2013. “Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang).” Media Ekonomi Dan Manajemen 28(2):13–27.
Tjiptono, Fandy dan Candra, Gregorius. 2011. 2020. “The Effect of Service Quality, Corporate Image, and Price Perceived in Creating Customer Satisfaction and Loyalty on Education Business.” Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen 10(1):45–56.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Wang, C. C. 2012. “Effect of Celebrity Endorsements on Consumer Purchase Intentions: Advertising Effect and Advertising Appeal as Mediators.”. Human Factors and Ergonomics in Manfacturing & Service Industries.
Zuhro, Muhammad Bahrudin Siti. 2015. “Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.”
Zulkarnaen, Wandy, and Neneng Nurbaeti Amin. 2018. “Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Terhadap Rema Laudry Dan Simply Fresh Laundry Di Jalan Cikutra Bandung).” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 2(1):106–28.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.