THE ROLE OF DIGITAL MARKETING, BRAND IMAGE, AND CUSTOMER SERVICE IN INFLUENCING PURCHASE DECISIONS AT ONE STREET FOOD IN PEKANBARU

  • Suyono Suyono Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Enjelina Juniaty Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nyoto Nyoto Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Etty Murwaningsari Universitas Trisakti
  • Yvonne Augustin S Universitas Trisakti
  • Muhammad Ridwan Institut Teknologi dan Bisnis Master
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of digital marketing, brand image, and service quality on purchasing decisions at One Street Food in Pekanbaru. The population in this study consists of 19,000 visitors to OSF in Pekanbaru. The data analysis techniques used in this study include descriptive analysis and multiple linear regression analysis with the aid of statistical software. The population for this research consists of consumers who made purchases at One Street Food Pekanbaru. The sample size was determined using the Slovin formula, amounting to 100 people, and the sample will be taken using the accidental sampling method. The data analysis in this study employs multiple linear regression analysis with the help of SPSS. Based on the research findings, it was found that digital marketing has a positive and significant influence on purchasing decisions, brand image has a positive and significant influence on purchasing decisions, and service quality has a positive and significant influence on purchasing decisions at One Street Food in Pekanbaru. It is recommended that One Street Food (OSF) in Pekanbaru should consistently pay attention to how to create a strong brand image to foster purchasing decisions, particularly in terms of increasing the variety of tenants available for selection, so that the brand image applied to OSF can further enhance consumer purchasing decisions.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada One Street Food di Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah 19.000 pengujung OSF di Pekanbaru. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software statistic. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian pada One Street Food Pekanbaru. Sedangkan jumlah sampel yang ditentukan menggunakan rumus slovin berjumlah 100 orang dan akan diambil dengan menggunakan metode accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada One Strett Food di Pekanbaru. Disarankan kepada One Street Food (OSF) di Pekanbaru untuk diharapkan selalu memperhatikan dengan baik bagaimana cara menciptakan citra merek yang baik agar mampu menciptakan keputusan pembelian. Terutama terkait cara meningkatkan ragam tenant untuk dipilih, sehingga citra merek yang diterapkan pada OSF dapat lebih meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

References

Andi, Suyono, Sudarno, Harry Patuan Panjaitan, Denisa Syahriza. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Salon Orchid Cabang Sukajadi Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 344-360, sep. 2023. ISSN 2580-3743.
Andi, Suyono, Putra Al Hafis dan Hendri. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Desain Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Asus Pada Mahasiswa Pelita Indonesia. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 23-36, mar. 2020. ISSN 2580-3743
Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. Jisos: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 85–104. https://bajangjournal.com/index.php/JISOS/article/view/1643
Cahyaputeri, R., & Pahar, B. H. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan dan Budaya Populer terhadap Keputusan Pembelian Michuu Coffe. Jurnal Bisnis Perspektif (BIP’s), 14(2), 83–93.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhliah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 176–188. https://doi.org/10.31955/mea.v4i1.270
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harlim, J. M. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Layanan Shopee Food di Jakarta. Eprints Kwikkiangie, 1(1), 1. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3969
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed., Vol. 1). Surabaya: Unitomo Press.
Jeany, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Relationship Marketing dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Sultra Cabang Pembantu Sao-Sao Kedari. In Jurnal Progresif Manajemen Bisnis. STIE IBEK.
Juliet, J. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Kembali Jasa Antar Ojek Online Merek Grab-Bike di Jakarta Pusat. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 27(1), 1–13. https://doi.org/10.46806/jep.v27i1.702
Rachmadi, T. (2020). The Power of Digital Marketing. Bandar Lampung: Tiga Ebook.
Raharjo, T. W., & Rinawati, H. S. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Surabaya: CV. Jakad Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Penguatan_Strategi_Pemasaran_dan_Daya_Sa/_IfYDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handphone. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 1(2), 36–46. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2017). Consumer Behavior. Pearson Prentice Hall.
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057
Suyono, Suhardjo, Tandy Sevendy, Yunia Sari dan Novi Wiliani. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Pekanbaru. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 4, p. 435-447, dec. 2023. ISSN 2580-3743
Suyono, Andi, Yunia Sari, Denny Prima Kurnia, Marice Hutahuruk. (2021) Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Konsumen Di PT. MURA MAHA AGUNG, Pekanbaru. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 41-52, june 2021. ISSN 2527-8215
Suyono, Mario Paska Halim, Mukhsin, Peri Akri. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mcdonald’s Pekanbaru. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 70-84, june 2020. ISSN 2527-8215
Suyono, Muhammad Ridwan, Helen, Ermina Rusliwati dan Wan Muhamad Kudri. (2022). Dampak Word Of Mouth, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Powder Minuman. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 210-222, dec. 2023. ISSN 2527-8215
Susanti, Mulyono, H., & Syamsuri, Abd. R. (2021). Pengaruh Ketersediaan dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sumber Perintis Jaya Dolok Masihul. JBM: Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(2), 169–178. https://doi.org/10.60036/jbm.v1i2.15
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality dan Satiscation, Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.
Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadpa Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood di Kota Solo. Excellent: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 8(1), 70–78.
Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery Batubulan. Jurnal EMAS, 2(3), 133–146.
Wisnu, D., & Permana, G. I. (2022). Dampak Pemasaran Sosial Media dan Citra Merek Terhadap Niat Beli. Malang: Pustaka Peradaban.
Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058–1068. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35233
Published
2024-12-31
How to Cite
SUYONO, Suyono et al. THE ROLE OF DIGITAL MARKETING, BRAND IMAGE, AND CUSTOMER SERVICE IN INFLUENCING PURCHASE DECISIONS AT ONE STREET FOOD IN PEKANBARU. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 411-421, dec. 2024. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/4553>. Date accessed: 17 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v12i4.4553.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.