ANALYSIS OF INFLUENCE OF PRICE, PROMOTION, AND PRODUCT QUALITY ON APPLE SMARTPHONE’S PURCHASE DECISION (CASE STUDY ON PEKANBARU’S SOCIETY)

  • Martha Ng Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Fransiska Wijaya Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Jennifer Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of price, promotion and product quality on Apple smartphone purchasing decisions in Pekanbaru City. Sampling in this study using accidental sampling. This study uses primary data. In this study, primary data was obtained directly from respondents by dividing the price or list of statements in a predetermined sample. Secondary data is generally in the form of evidence, historical records or reports stored in published archives. The method used is multiple linear regression analysis with a sample size of 100 respondents. The research results show that product quality has a significant effect on Apple Smartphone purchasing decisions in Pekanbaru city, while Price and Promotion have no significant effect on Apple Smartphone purchasing decisions in Pekanbaru city.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Apple di Kota Pekanbaru. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh langsung dari responden dengan membagi angket atau daftar pernyataan pada sampel yang telah ditentukan. Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang tersusun dalam arsip yang dipublikasikan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil Penelitian menunjukkan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Apple di kota Pekanbaru, sementara Harga dan Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Apple di kota Pekanbaru.

References

Agus, S. S., Mandey, S., & Rindang, L. S. (2014). Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1222–1232.
Amilia, S., & Nasution, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 666.
Ariela, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 12–19.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17.
Febriat, E. C. (2013). Analisis Penerapan PSAK 55 Atas Cadangan Kergiam Penurunan Nilai. Jurnal EMBA, 1(3), 1–13.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat. Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Holmes, M. (2013). Marketing Mix : Product, Price, Distribution and Promotion. America.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principle of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Edition 15th. London: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P dan Keller, K. (2016). ”Marketing Management”, 14th Edition, Pearson, United States of America.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principle of Marketing. 15th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall. https://doi.org/10.1016/j.cell.2009.01.043
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition. In Global Edition. https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild, 1(4), 9. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1), 55.
Purnama, A. H., & Permatasari, I. R. (2018). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Aulya Kediri. Akutansi Dan Ekonomi Bisnis, 4(1), 345–348.
Rusmini. (2013). Strategi Promosi Sebagai Dasar Peningkatan Respons Konsumen. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora.
Saputra, M. R., & Riyadi, S. (2017). Sistem Informasi Populasi dan Historikal Unit Alat-Alat Berat Pada PT . Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia. Jurnal Peneltian Dosen FIKOM (UNDA, 6(2), 1–6.
Siswanto, H. B. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163–175.
Taroreh, F. F. J. L. R. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di J.CO Manado. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11788
Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa –Prinsip, dan Penelitian.Yogyakarta : Andi Offset.
Walukow, & Pratisistia, Ligia, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan sonder Minahasa. Jurnal EMBA, 2.
Yulia, Nanda, & Wong. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Pada Keputusan Pembelian Smartphone IPhone XS Max Di Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 7, 10–22.
www.statista.com/statistics/266729/smartphone-users-in-indonesia/
https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2022
Published
2025-03-31
How to Cite
NG, Martha; WIJAYA, Fransiska; CHANDRA, Jennifer. ANALYSIS OF INFLUENCE OF PRICE, PROMOTION, AND PRODUCT QUALITY ON APPLE SMARTPHONE’S PURCHASE DECISION (CASE STUDY ON PEKANBARU’S SOCIETY). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 84-96, mar. 2025. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/4927>. Date accessed: 30 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v13i1.4927.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.