DAMPAK PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN MENGAJUKAN PINJAMAN DANA TUNAI DI PT. CAPELLA MULTIDANA MEDAN
Abstract
This study aims to determine the impact of promotion, service quality, and consumptive behavior on the decision to apply for cash loans at PT. Capella Multidana Medan. The research methodology used is a descriptive quantitative method, with the population consisting of PT. Capella Multidana Medan’s customers. The sample size for this study was determined to be 60 respondents. The analytical methods include validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple regression analysis, hypothesis testing using t-test and F-test, and the coefficient of determination (R²) test. Promotion has a partially significant effect on the decision to apply for cash loans at PT. Capella Multidana Medan. Service quality, on the other hand, does not have a partially significant effect on the decision to apply for cash loans at PT. Capella Multidana Medan. Consumptive behavior has a partially significant effect on the decision to apply for cash loans at PT. Capella Multidana Medan. Promotion, service quality, and consumptive behavior simultaneously have a significant effect on the decision to apply for cash loans at PT. Capella Multidana Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak promosi, kualitas pelayanan, dan perilaku konsumtif terhadap keputusan mengajukan pinjaman dana tunai di PT. Capella Multidana Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Capella Multidana Medan. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Metode analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengajukan pinjaman dana tunai di PT. Capella Multidana Medan. Kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengajukan pinjaman dana tunai di PT. Capella Multidana Medan. Perilaku Konsumtif secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengajukan pinjaman dana tunai di PT. Capella Multidana Medan. Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Perilaku Konsumtif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengajuan pinjaman dana tunai di PT. Capella Multidana Medan.
References
Anisa, D., Dipayanti, K., Kunci, K., Pelayanan, K., & Konsumen, K. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Indomaret Leuwidamar Kilometer 20 Lebak Banten. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 1064–1073. https://jurnalamanah.com/index.php/cakrawala/index
Arum, D., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi psikologi pengguna e-commerce shopee. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 92–102.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2020). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (12th Edition). McGraw-Hill Education.
Djafar, N., Yantu, I., Sudirman, S., Hinelo, R., & Hasiru, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 78–82.
Dr. Dikdik Harjadi, S. E. M. S., & Dr. Lili Karmela Fitriani, S. E. M. S. (2024). Marketing (Teori Dan Konsep). PT Arr Rad Pratama. https://books.google.co.id/books?id=XRMIEQAAQBAJ
Ekonomi, F., Unisma, B., Yayang, O. :, Putri, G., Hidayati, N., & Rizal, M. (2022). e-Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Pengaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia Di Malang). www.fe.unisma.ac.id
Gozali. (2016a). Memahami Uji F (Uji Simultan) Dalam Regresi Linear – Accounting.
Gozali. (2016b). Memahami Uji Multikolinearitas Dalam Model Regresi. In Accounting.Binus.Ac.Id (p. 1).
Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102.
Juliandi, Irfan, M. (2014). Memahami Analisis Regresi Linear Berganda – Accounting. In Binus University.
Kediri Press, I. (2022). E Commerce Dan Perilaku Konsumtif. In Naning Fatmawatie.
Kotler, P., & Keller, K. (2020). Marketing Management. P. Ed Custom Books. https://books.google.co.id/books?id=RLJ6zQEACAAJ
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen cafe kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134–146.
Meiryani. (2021). Memahami Uji T Dalam Regresi Linear – Accounting. In Binus University.
Muhammad Arif, S. E. M. M. (2024). Keputusan Pembelian Online: Peran Ecomerce dan Brand Awareness Dimediasi Dropshipping. umsu press. https://books.google.co.id/books?id=_5s3EQAAQBAJ
Mujito, S. E. M. M., Dr. Hari Muharam, S. E. M. M. C., Drs. Dasmansyah Adyas., M. B. A., Anneu Fitriyanti, S. P., & Fathurrahman, I. (2023). Manajemen Pemasaran: Sebuah Pengantar Untuk Pemula. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=rGPBEAAAQBAJ
Salsabila, F. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Risiko Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Financialtechnology Payment (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan).
Suliyanto. (2011). Uji Asumsi Klasik Normalitas. Ekonometrika Terapan : Teori & Aplikasi Dengan SPSS, 1, 69.
Sutarno, R. A., & Purwanto, S. (2022). Perilaku Konsumtif Generasi Z terhadap Keputusan Pembelian Produk Silverqueen di Kota Sidoarjo. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 309. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.400
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Wirata, S. V. (2020). Metodologi Penelitian Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas. In Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 7, Issue 1, pp. 17–23).
Yuvalianda. (2020). Uji-T Satu Sampel: Penjelasan Hingga Contoh - Blog Yuva (p. 1).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


