TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI DETERMINAN PERTUMBUHAN LABA DAN NILAI PERUSAHAAN: STUDI PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI INDONESIA

  • Suyono Suyono Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • William Hamdani Benjo Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Luciana Fransisca Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Andi Andi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Novita Yulia Putri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This research purposed to determine the effect of current ratio, corporate social responsibility, and company size on profit growth and company value on food  and beverages sub sector companies listed on Indonesian Stock Exchange for the 2017-2022 period. This study uses secondary data. This research has a population of 90 companies with purposive sampling as the sampling technique. The number of samples obtained were 24 companies. The analysis method of this research uses descriptive analysis, multiple linear regression and several types of evaluation used SPSS and SmartPLS software. From this research, it can be concluded that current ratio, corporate social responsibility, and company size have no significant effect on profit growth. Likewise, corporate social responsibility, company size, and profit growth has no significant effect on company value. On the other hand, current ratio has negative effect on company values. Suggestions for the future research are to consider the use of other variables that can influence profit growth and company value. Such as profitability ratios and Debt to Asset Ratio (DER) which have a significant effect on profit growth and company value.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh current ratio, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap pertumbuhan laba dan nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2017-2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebanyak 90 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pemilihan sampel pada penelitian ini. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 24 perusahaan. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda serta beberapa jenis evaluasi dengan menggunakan bantuan software SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio lancar, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Begitu pula dengan corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan laba yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun, rasio lancar memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Saran bagi peneliti selanjutnya (future research) adalah untuk mempertimbangkan penggunaan variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan laba dan nilai perusahaan. Seperti rasio profitabilitas dan Debt to Asset Ratio (DER) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba dan nilai perusahaan.

References

Anthoni, L., & Yusuf. (2022). Moderasi Manajemen Laba pada Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Perusahaan. Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.55122/jabisi.v3i1.417
Diyanti, N., & Anwar, M. (2021). Pengaruh Likuiditas terhadap Pertumbuhan Laba dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Industry yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1286–1297.
Fahira, D. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Laba dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di BEI.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25 (Vol. 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hargiansyah, R. F. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 6–10.
Khofifah, D. N., Meiriasari, V., & Pebriani, R. A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019). Jurnal Bisnis, 3(1), 17–25.
Likha, M., & Fitria, A. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Laba, Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(5), 1–19.
Manossoh, H. (2016). Good Corporate Governance untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan. PT. Norlive Kharisma Indonesia.
Maryam, S. (2014). Analisis Pengaruh Firm Size, Growth, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanudin.
Murhadi, W. R. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Salemba Empat.
Petra, B. A., Apriyanti, N., Agusti, A., Nesvianti, & Yulia, Y. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Current Ratio dan Perputaran Persediaan terhadap Pertumbuhan Laba. Jurnal Online Insan Akuntan, 5(Desember), 197–214.
Pradipta, D. H., & Supriyadi. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak. Simposium Nasional Akuntansi XVIII.
Puspitasari, E., & Ermayanti, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Perusahaan Perbankan BUMN Go Public yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2011-2018). 29–40. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/issue/view/46
Putri, V. A. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Komponen Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (Studi kasus pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2015). Journal of Chemichal Information and Modeling, 1689–1699.
Rahayu, P. D. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pertumbuhan Laba. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(6), 1–18.
Rahmantari, N. L. L., Sitiari, N. W., & Dharmanegara, I. B. A. (2019). Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value With Company Size and Profitability as Moderated Variables in Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Internasional Ekonomi Dan Bisnis Jagaditha, 6(2), 121–129. https://doi.org/10.22225/jj.6.2.1352.121-129
Ramadhan, A. R., & Linda, R. (2023). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Tahun 2015-2021 yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Embistek, 2(2), 175–187. https://embistek.org/jurnal/index.php/embistek
Rosdwianti, M. K., Dzulkiom AR, Moch., & Zahroh Z.A. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 16–20.
Sari, A. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia Periode 2019- 2021). www.idx.co.id
Sari, N. M. W., Sukadana, I. W., & Widnyana, I. W. (2021). Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Emas, 2(1), 201–217.
Sihombing, M. J. T., Nasution, S., & Nainggolan, S. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Return Harga Saham Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Information Technology and Accounting. I(1), 1-16.
Sudarno, Renaldo, N., Hutauruk, M. B., Junaedi, A. T., & Suyono. (2022). Teori Penelitian Keuangan (Andi, Ed.; 1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi. www.penerbitlitnus.co.id
Sulistiana, E., & Pranjoto, R. G. H. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, Aktivitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2020. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 2(1), 17–25.
Suwardjono. (2018). Teori Akuntansi, Perekayasaan Pelaporan Keuangan. BPFE.
Thoha, M. N. F., & Hairunnisa, L. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas dan Aktivitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Jurnal Sosial Dan Manajemen, 3(4), 94–104. http://www.ijosmas.org94
Tsaniatuzaima, Q., & Maryanti, E. (2022). Pengaruh CR, ROA, DER terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi, 6(3), 2253–2265. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.880
Wahid, R. R., Ambarwati, S. D. A., & Satmoko, A. (2022). THE EFFECT OF CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, FIRM SIZE, AND NET PROFIT MARGIN ON COMPANY VALUE (Study on Fast Moving Consumer Goods Company (FMCG) In 2016-2020). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(3), 1–13. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Widiasmara, A., Kusherawati, A., Cahyaningati, R., & Paramita, R. W. D. (2022). The Effect of Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, and Net Profit Margin on Profit Growth. Jurnal Internasonal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.30741/assets.v6i1.831
Widyawati, C. E. (2021). Pengaruh Likuiditas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan GCG sebagai Variabel Moderasi Pada Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019. Doctoral Dissertation Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 1–13.
Yuliana, M. V., & Djunaedi, M. K. D. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Pertumbuhan Laba. Kalbisiana, 9(1), 23–34.
Published
2025-09-30
How to Cite
SUYONO, Suyono et al. TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI DETERMINAN PERTUMBUHAN LABA DAN NILAI PERUSAHAAN: STUDI PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI INDONESIA. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 321-335, sep. 2025. ISSN 2580-3743. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/5479>. Date accessed: 10 nov. 2025. doi: https://doi.org/10.35145/procuratio.v13i3.5479.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.