ANALISIS PENGARUH HEALTHY LIFESTYLE, NUTRITION LABEL, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK LEMONILO PADA MASYARAKAT KOTA PEKANBARU
Abstract
The purpose of this research was to analyze the effect of healthy lifestyle, nutrition label, perceived value on purchase decision for Lemonilo brand instant noodles. The population in this research were consumers in Pekanbaru city who had bought and consumed Lemonilo brand instant noodles, whose exact number was not known with certainty, so using the Roscoe formula, the sample was set at 120 people using the accidental sampling method. The results of this research was (1) healthy lifestyle has a positive and significant effect on purchase decision. (2) nutrition label has a positive but not significant effect on purchase decision. (3) perceived value has a positive and significant effect on purchase decision.
Penelitian ini bertujuan untuk meanganalisa pengaruh healthy lifestyle, nutrition label, perceived value terhadap keputusan pembelian mie instan merek Lemonilo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di kota Pekanbaru yang pernah membeli dan mengonsumsi mie instan merek Lemonilo yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti, maka dengan menggunakan rumus roscoe sampel ditetapkan sebesar 120 orang dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) healthy lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) nutrition label berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Andrenata, A., Supeni, R. E., & Rahayu, J. (2022). Pengaruh Perceived Value, Brand Awareness, Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 813–824. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.441
Asih, S. Y. (2021). Pengaruh Healthy Lifestyle, Product Variation, Product Word, Dan Mouth, Of Keputusan, Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda United. 1–9.
Asosiasi Ramen Dunia. (2024, May 12). World Instant Noodles Association. WINA. https://instantnoodles.org/en/noodles/demand/table/
Ayu, G., Jelantik, S., Manajemen, S., & Udayana, U. (2024). Pengaruh Brand image dan Nutrition label terhadap Keputusan Pembelian dengan Gaya Hidup Sehat Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Pada Konsumen Fitbar Di Kota Denpasar ) Berdasarkan pada hasil survei dilakukan oleh Modelez Internasional pada tahun 2019 besa. 21(1).
Faozi, R. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Healthy Lifestyle dan Electronic Word Of Mouth Tehadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Ortuseight. 1–9.
Frisca, D. (2023). Analisis pengaruh healty lifestyle , celebrity endorser , dan perceived price terhadap keputusan Pembelian Mie Supermi.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Giolandro Eric Susilo, A. S. (2023). Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian. 8.
Gunawan, P. A., & Kunto, Y. S. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Nutrition Label Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Daai: Efek Moderasi Orientasi Makanan Sehat. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1), 48–56. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.1.48-56
Katadata Insight Center (2024). Indomie, Merek Mi Instan yang Paling Banyak Dikonsumsi Masyarakat Indonesia Setahun Terakhir. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/food-beverage-tobacco/statistik/e2fcc5dcdb524a7/indomie-merek-mi-instan-yang-paling-banyak-dikonsumsi-masyarakat-indonesia-setahun-terakhir
Khofifah, R. N., & Hasanah, K. (2023). Instagram Melalui Variabel. 6(1), 97–109.
Lemonilo. (2021, November 11). Cara Lemonilo Founders Rayakan Hari Pahlawan: Lebih Peduli Kesehatan masyarakat. Kumparan. https://kumparan.com/lemonilo/cara-lemonilo-founders-rayakan-hari-pahlawan-lebih-peduli-kesehatan-masyarakat-1wtdZZzcjJy
Maulana, A. (2023). Pengaruh Influencer Dan Label Informasi Nilai Gizi Terhadap Keputusan Pembelian Whey Evolene Pada Kalangan Gen Z Di Tangerang Selatan. 96, 1–5.
Meida Putri, S. (2023). Pengaruh Brand Image , Nutriton Label Dan Healthy Lifestyle Terhadap Purchase Decision Mi Instan Supermi ( Survei di Daerah Istimewa Yogyakarta ) Shevi Meida Putri NIM 141190031 Mahasiswa Progam Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “ Veteran .” 5.
Mranani, N. A., & Lastianti, S. D. (2022). Hubungan Kelompok Acuan, Perceived Value, Perceived Quality Dan Media Sosial Terhadap Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Sepeda Pushbike (Studi Pada Komunitas Pushbike Surabaya). Jurnal Media Mahardhika, 20(2), 252–263.
Mulyono, T. E., & Kunto, Y. S. (2022). Pengaruh Brand Association Dan Nutrition Label Terhadap Perilaku Pasca Pembelian Cimory Yogurt: Efek Moderasi Family Orientation. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 133–139. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.133-139
Patricia, D. A., & Bisnis, D. A. (2023). Pengaruh Country Of Image Dan Prceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Tony Moly Melalu Minat Pendahuluan. IX(Iv), 590–598.
Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2022). ( Empirical Study On Students At Higher Education In Sukabumi City ) Analisis Perceived Value Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone ( Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Kota Sukabumi ). 3(June), 1821–1830.
Riau, B. P. S. P. (n.d.). Persentase Penduduk yang Mempunyai Keluhan Kesehatan Selama Sebulan Terakhir Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, 2023 - Tabel Statistik. Badan Pusat Statistik Provinsi Riau.https://riau.bps.go.id/id/statistics.table/3/VEVwdGJEVjBRbFJPUlZsNmNqbDBUSGhNYmswMlp6MDkjMw==/persentase-penduduk-yang-mempunyai-keluhan-kesehatan-selama-sebulan-terakhir--menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-riau--2016.html
Sari, D. F., & Sari, P. N. (2023). Analisis Pengaruh Healty Lifestyle, Celebrity Endorser, Dan Perceived Price Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan
Sugiyono. (2022). Pengaruh Band Image dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Sepda Motor Matic Honda.
Syaputra, D. (2022). Analisis E-WOM , Perceived Value Dan Perceived Qualit Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Kepada Keputusan Pembelian Produk Fashion di Situs Online Shop Indonesia ( Pendekatan Structural Equation Modeling ) Program Pascasarjana Universitas Pembangunan PAN.
Triyono, A., & Susanti, D. N. (2021). Pengaruh Word of Mouth, Healthy Lifestyle, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 484–494. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i3.866
Waluyo, A. (2023). Pengaruh Nutrition Label dan Perceived Value terhadap healthy Food Purchase decision.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


