PENGARUH MARKETING MIX 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HOTEL NOVOTEL PEKANBARU


Abstract
This study aims to determine and analyze the effect of Marketing Mix (7P) on Purchasing Decisions at Hotel Novotel Pekanbaru. Determination of the sample in this study using accidental sampling. This study uses primary data obtained directly from answers to questionnaires distributed to respondents, namely all consumers who make purchases at Hotel Novotel Pekanbaru. The data analysis method used is descriptive analysis and regression analysis using the help of the SPSS version 21 program. The results of this study are that products, prices and promotions have an effect on purchasing decisions, while location, people, processes and physical evidence have no effect on purchasing decisions.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelian di Hotel Novotel Pekanbaru. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari jawaban atas kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Hotel Novotel Pekanbaru. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian adalah Produk, Harga dan Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Lokasi, Orang, Proses dan Bukti Fisik tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.
References
Epicheirisi. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Di The Sun Hotel Madiun. 2(1), 13–21.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Juniardi, A., Haerani, S., & Munir, A. (2018). The Influence Of Marketing Mix Strategies To Customer Satisfaction And Hotel Loyalty Novotel Novotel Grand Shayla City Center. Hasanuddin Journal Of Applied Business And Entrepreneurship, 1(4), 52–64.
Karnelis, K. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Kosumen Menggunakan Jasa Hotel Kartika Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 719–728.
Kotler. (2014). No Title.
Kotler & Amstrong. (2012). No Title.
Marcelina, J., & B, B. T. (2016). Pengaruh Marketing Mix (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Guest House Di Surabaya Jesse. (2015).
Noor, A. M. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran 7 (P) Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Hotel Grand Sawit Di Samarinda. Ejournal Administrasi Bisnis, 4(4), 1031–1045.
Pertiwi, M. I., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Bakerâs King Donuts & Coffee Di Mx Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 188–195.
Prawira, Seftya Henggar, & Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap (Survei Pada Wisatawan Yang Menginap Di Hotel Arjuna Kota Batu). 72(1), 184–191.
Pristanto, Y., Wahyuni, S., & Handini, Y. D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menginap Pada Hotel Bintang Mulia Jember. Artikel Ilmiah, 6.
Suratman, J. P. M., Wilopo, & Sunarti. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis, 57(2), 12–20.
Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V3i2.9286
Zeithaml, Bitner, & Gremler. (2013).