FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BELI DAN LOYALITAS MAHASISWA/I INSTITUT BISNIS DAN TEKNOLOGI PELITA INDONESIA PEKANBARU TERHADAP TELKOMSEL DI PEKANBARU


Abstract
This study aims to determine product quality, price, promotion, and service quality effect on buying interest and customer loyalty Telkomsel card in Pelita Indonesia’s students. This study test uses a path analysis model of 100 respondents who are Pelita Indonesia’s students. Independent variables include product quality, price, promotion, and service quality. Test results showed that price and promotion variables significantly influence buying interest, and service quality variables significantly influence customer loyalty. Price and Promotion variables affect 33.4% influence buying stake, service quality 44.3% influence customer loyalty, and control other variables that are not included in the research model.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli dan loyalitas mahasiswa/i Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia terhadap Telkomsel di Pekanbaru. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa/i di pelita Indonesia. Test ini menggunakan model analisis jalur. Variabel Independen yang digunakan meliputi kualitas produk, harga, promosi, dan kualitas pelayanan. Hasil test menunjukkan bahwa variabel harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel harga dan promosi berpengaruh sebesar 33,4% terhadap minat beli sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh 44,3% terhadap loyalitas pelanggan dan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk ke dalam model penelitian.
References
Ginting, N. 2012. Manajemen Pemasaran (Edisi kedua). Bandung: Yrama Widya.
Kotler, P., & Armstrong, G. 2010. Principles of Marketing (Edisi 13).
Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran (Jilid 1.E). Jakarta: Erlangga.
Mardiana, A. dan Kasim, N. A. 2016. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Butik Busana Muslim Anisa Kota Gorontalo. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 1. No. 2. http://dx.doi.org/10.31332/lifalah.v1i2.486.
Pongoh, M. E. 2013. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 1-5. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Rizki, A. R. A. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Minat Beli Ulang Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Shibuya Resto Citraland Mall Semarang). Dokumen Karya Ilmiah. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi & Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Satria, Arief Adi. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36. Jurnal Performa; Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 2. No. 1. ISSN: 2527-4635. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436.
Sugiyono. 2009. Metode Pelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta. Bandung.
Sulistiani, S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak pada Loyalitas Pelanggan pada Produk Hydro Coco PT. Kalbe Farma. Master Thesis. Universitas Pamulang. https://repository.unpam.ac.id/5126/.
Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.
Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Tjiptono, F. dan Gregorius, C. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.
Zain, T. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Speedy Instan pada Produk Public Switched Telephone Network di PT. Telkom Kota Jember. Tesis Magister Manajemen. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12610.