ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, GAYA HIDUP, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI UNIQLO (STUDI KASUS KONSUMEN KOTA PEKANBARU)

  • Nicholas Nicholas Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Sarli Rahman Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Jennifer Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Maulana Rezfajri S. Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Bord Nandre Aprila Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Tujuan dalam untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, gaya hidup dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Uniqlo. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian merupakan masyarakat Kota Pekanbaru yang melakukan pembelian pakaian di Store Uniqlo yang jumlah tidak diketahui, dengan pendekatan roscoe maka sampel ditetapkan sebanyak 200 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan, begitu juga dengan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan gaya hidup juga memiliki pengaruh positif dan signifikan dan inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Aaker, D. A., A. L. B. (2009). rand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates Inc. New Jersey.
Amir. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing pada Perusahaan Batik di Kota Pekalongan. Jurnal Manajemen, 1(8), 1–12.
Anang, F. (2019). Dr.M. Anang Firmansyah, SE., MM. June, 398.
Apriliani, R., Ardiyanti, Y., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust DanProduct Quality Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada pembeli Kopi Bowongso di Kabupaten Wonosobo). Jamasy : Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2, 100–108.
Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122.
Asep Suhendar Aprilia. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 780–784. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.809
Ashinta. (2020). Fungsi Manajemen Pemasaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Atalay, M., Anafarta, N., & Sarvan, F. (2013). The Relationship between Innovation and Firm Performance: An Empirical Evidence from Turkish Automotive Supplier Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 75(April 2013), 226–235. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.026
Dewi, M. N., & Samuel, H. (2019). Pengaruh Gaya Hidup (lifestyle), Harga, Promosi terhadap Pemilihan Tempat Tujuan Wisata (destination) Studi Kasus pada Konsumen Artojaya Tour & Travel Surabaya. Jurnal Manajeman Pemasaran, 3(1), 1–13.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Kotler, & Philip. (2021). Manajemen Pemasaran. CV Budi Utama, Jakarta.
Kotler, P and Keller, K. (2014). Marketing Management (15th ed.). Prentice Hall, Saddle River.
Kotler, P. (2015). Prinsip - prinsip pemasaran (Jilid 2,Ed). Erlangga, Jakarta. Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. Pearson London.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Prectice Hall.
Kristian, G., Welsa, H., & Udayana, I. B. N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Trustworthiness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(3), 509–520. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i3.570
Kusuma, S. S., Wijayanto, A., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Uniqlo (Studi pada Konsumen Uniqlo Dp Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 807– 813. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35892
Minarti, M. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Shopee. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 3(1), 114–125.
Mongisidi, S. J., Sepang, J., Djurwati Soepeno, Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike ( Studi Kasus Manado Town Square ). Emba, 7(3), 2949–2958.
Naksir, I., Wolok, T., & Niode, I. Y. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 102–108. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14248
Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 519–530.
Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24. https://doi.org/10.32493/inovasi.v7i1.p24-31.5442
Purwati, A. A., Yusrizal, Y., & Ramadhani, I. C. (2019). Pengaruh Life Style, Kualitas Produk dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 22–36. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.652
Putra, I. G. B. S., & Abiyoga, N. L. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 343–351.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2016). Salesmanship. PT. Bumi Aksara. Jakarta. Schiffman & Kanuk. (2014). Perilaku konsumen (2nd ed.). Jakarta : PT. Indeks Gramedia.
Sheila Maria Belgis Putri Affiza. 2022. Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif Vol. XVI No.1.
Siti Marwah, Ahmad Suharto, T. D. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elzatta. 3, 103–111.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. Swastha, B. (2017). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tamimi, P. S., Nugraha, H. S., & Widiartanto. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Dell di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Konsumen Laptop Merek Dell di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science, 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Theo. 2015. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 12(2), 16-19.
Wicaksana, W. 2020. Penting Kepuasan Pelayanan Pada Suatu Bisnis. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515.
Published
2024-06-24
How to Cite
NICHOLAS, Nicholas et al. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, GAYA HIDUP, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI UNIQLO (STUDI KASUS KONSUMEN KOTA PEKANBARU). LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 69-81, june 2024. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/4286>. Date accessed: 18 feb. 2025.