FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI PADA WAJIB PAJAK UMKM DI KPP PRATAMA PEKANBARU TAMPAN)


Abstract
ABSTRACT
This study aims to examine and analyze the factors that influence taxpayer compliance. The sample in this study is the taxpayer of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) at KPP Pratama Pekanbaru Tampan. The sampling technique used the incidental sampling method and the determination of the number of samples in this study was calculated through the slovin formula obtained as many as 100 respondents. The data in this study used primary data directly through questionnaires and analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) using Warp-PLS software version 6.0 PLS. The results of this study show that tax incentives, tax benefits and willingness have a direct effect on taxpayer compliance, tax incentives and tax benefits have a direct effect on willingness, willingness to influence taxpayer compliance moderated by financial conditions, tax incentives and tax benefits have a direct effect on taxpayer compliance. indirectly through the will as a mediator. The implication of this research is to encourage the development of factors that affect taxpayer compliance.
Keywords : Tax Incentives, Tax Benefits, Willingness, Financial Condition, Taxpayer Compliance
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh insentif pajak dan manfaat pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kemauan sebagai variabel mediasi dan kondisi keuangan sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di KPP Pratama Pekanbaru Tampan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode insidental sampling dan penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini dihitung melalui rumus slovin yang diperoleh sebanyak 100 responden. Data penelitian ini menggunakan data primer secara langsung melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan Software Warp-PLS versi 6.0 PLS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan insentif pajak, manfaat pajak dan kemauan berpengaruh secara langsung terhadap kepatuhan wajib pajak, insentif pajak dan manfaat pajak berpengaruh secara langsung terhadap kemauan, kemauan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan dimoderasi oleh kondisi keuangan, insentif pajak dan manfaat pajak berpengaruh secara tidak langsung melalui kemauan sebagai pemediasi. Implikasi dari penelitian ini adalah mendorong untuk adanya pengembangan faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak.
Kata Kunci : Insentif Pajak, Manfaat Pajak, Kemauan, Kondisi Keuangan, Kepatuhan Wajib Pajak
References
Aruan, R., Edy Sujana, S. E., & Sulindawati, N. L. G. E. (2017). Pengaruh Sikap Wajib Pajak, Moral Wajib Pajak dan Kemauan Untuk Membayar Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).
Aryandini, S., Savitri, E., & Wiguna, M. (2016). Pengaruh kewajiban moral, pemeriksaan pajak, dan kondisi keuangan terhadap kepatuhan wajib pajak badan untuk usaha hotel yang terdaftar di dinas pendapatan daerah kota pekanbaru. Riau University.
Beti, A., Made, A., & Dianawati, E. (2016). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak (Tax Consciouness), Kejujuran Wajib Pajak (Tax Honesty), Kemauan Membayar Dari Wajib Pajak (Tax Mindedness), Kedisiplinan Wajib Pajak (Tax Disclipne) Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Tax Complience). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1).
Ghozali, I. (2014). Imam. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS). Universitas Diponegoro Semarang.
Kesumaningrum, N. D. (2017). Kemauan Membayar Pajak dan Faktor yang Memengaruhinya bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Setelah Berlakunya PP No. 46 Tahun 2013 di Bandar Lampung. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 22(1), 77–90.
Latief, S., Zakaria, J., & Mapparenta, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah, Kebijakan Insentif Pajak dan Manfaat Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 3(3), 270–289.
Lisa, O., & Hermanto, B. (2021). The effect of tax amnesty and taxpayer awareness to taxpayer compliance with financial condition as intervening variable. E-Repository Dosen Universitas Gajayana Malang.
Mahmuda, A. R., Mustofa, R. M., & Kusuma, P. D. I. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Individual dan Institusional Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran. Jurnal Akuntansi Dan Governance Andalas, 2(1), 46–61.
McGee, R. W., Ho, S. S. M., & Li, A. Y. S. (2008). A comparative study on perceived ethics of tax evasion: Hong Kong vs the United States. Journal of Business Ethics, 77(2), 147–158.
Meikhati, E., & Kasetyaningsih, S. W. (2019). Pengaruh Penerapan PP 23 Tahun 2018 Terhadap Tingkat Kepatuhan Pembayaran Pajak UMKM. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 50–59.
Msi, D. R. T. H. S. S. E., & DR Imam Mukhlis SE, Ms. (2012). Dimensi Ekonomi Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi. Penebar PLUS+.
Murray, D. (1990). The performance effects of participative budgeting: An integration of intervening and moderating variables. Behavioral Research in Accounting, 2(2), 104–123.
Nurlaela, S. (2013). Pengaruh pengetahuan dan pemahaman, kesadaran, persepsi terhadap kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Jurnal Paradigma, 11(02), 89–101.
Orkaido, K. D., & Beriso, B. Y. (2020). The Effect of Tax Incentives Practices on Sustainability of Micro, Small and Medium Enterprises in Ethiopia During the Outbreak of Corona Virus Pandemic.
Pangesti, D. M., & Yushita, A. N. (2019). Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Persepsi Atas Efektivitas Sistem Perpajakan, Dan Pemahaman Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Terhadap Kemauan Membayar Pajak (Pada Umkm Sektor Perdagangan Di Kabupaten Klaten). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 166–178.
Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan (konsep dan aspek formal).
Sarwono, J. (2014). Metode Riset Online: Teori, Praktik, dan Pembuatan Apliaksi. Elex Media Komputindo.
Setyonugroho, H. (2012). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Surabaya Tegalsari. STIE PERBANAS SURABAYA.
Sukardji, U. (2015). Pajak Pertambahan Nilai PPN.
Sulastri, I. D. (2016). Pengaruh Persepsi Pengetahuan Peraturan Pajak, Sistem Perpajakan, Kesadaran Membayar Pajak Dan Kondisi Keuangan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Penghasilan Pada Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 12(2).
Torgler, B. (2007). Tax compliance and tax morale: A theoretical and empirical analysis. Edward Elgar Publishing.
Widodo, W., Djefris, D., & Wardhani, E. A. (2010). Moralitas, budaya, dan kepatuhan pajak. Alfabeta.
Widyantari, N. P. D., Wahyuni, M. A., & Sulindawati, N. L. G. E. (2017). Pengaruh pemahaman peraturan perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan formal wajib pajak dengan kondisi keuangan sebagai variabel moderasi (studi kasus pada wajib pajak orang pribadi (WPOP) yang Terdaftar di KPP Pratama Singaraja). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).