ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION

  • Emil Yana Universitas Sriwijaya
  • Dinna Yunika Hardiyanti Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Rifai Universitas Sriwijaya
Abstract viewed = 116 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 52 times

Abstract

Dompet Digital adalah sarana elektronik yang menyediakan pelayanan transaksi baik untuk penyimpanan, pembayaran, penyicilan, dan pengiriman uang secara elektronik. Kepuasan konsumen menjadi sangat penting dalam meningkatkan layanan yang diberikan oleh pelaku usaha yang menawarkan jasanya. Rasa puas yang dirasakan pelanggan ialah tingkat kepuasan, kesenangan, ataupun kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan selepas memakai produk atau jasa suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan aplikasi dompet digital menggunakan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) dalam aplikasi Dana. Metode ini mengacu pada pendekatan atau teknik penilaian yang digunakan untuk mengukur sejauh mana pengguna merasa puas, nyaman, dan efektif pada saat memakai teknologi informasi dan sistem komputer yang disediakan untuk mereka. Pada penelitian menggunakan data kuesioner dengan jumlah responden 393. Berdasarkan temuan dari hasil analisis data kepuasan pengguna aplikasi DANA menggunakan metode EUCS dengan menyebarkan kuesioner kepada 393 responden dan diolah menggunakan tool SmartPLS 4.0. Dari 5 hipotesis yang telah dibuat terdapat 5 hipotesis yang diterima. Adapun hipotesis yang diterima yaitu, H1, H2, H3, H4 dan H5. Maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengguna aplikasi DANA memiliki pengaruh yang positif. Hal ini disebabkan oleh korelasi dari tiap-tiap variabel yang ditunjukkan dengan nilai keterkaitan R-Square sebesar 89.3% dimana menyatakan bahwa strong atau kuat, sehingga dapat dinyatakan sikap terhadap penggunaan memiliki pengaruh yang baik terhadap kepuasan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eko, A., & Bisma, R. (2021). Analisis penerimaan pengguna aplikasi e-Kinerja dengan metode TRAM dan EUCS pada kepolisian Analysis of user acceptance of e-Kinerja applications with the TRAM and EUCS methods at the police. 10(2), 93–109.
Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi ( SKKP ) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction ( EUCS ). 4(1), 17–21.
Suryawan, M. B., & Prihandoko, P. (2018). Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS. Creative Information Technology Journal, 4(3), 233. https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i3.113
Wahyuni, & Pratiwi, S. H. (2021). Student’s Statisfaction Towards Online Learning During The Covid-19 Pandemic Through End-User Computing Statisfaction (EUCS). Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5, 391–402.
Hadisuwarno, A. E., & Bisma, R. (2020). Analisis penerimaan pengguna aplikasi e-Kinerja dengan metode TRAM dan EUCS pada kepolisian. Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 10(2), 93-109.
Mahesa, P.(2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Skill Academy Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ramadhayanti, F. N., & Rasywir, E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), 143-151.
Arisoemaryo, B. S., & Prasetio, R. T. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Jamsostek Mobile Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, 4(1), 110-117.
Agustia, F. K. (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna OPAC Pada Perpustakaan Universitas Riau dengan Metode EUCS (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Amalia, N., Siregar, D. J., & Hapsoro, W. (2021). Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS (End User Computing Statisfaction). IC-Tech, 16(1).
Darwati, L., & Fitriyani, F. (2022). Analisis pengukuran tingkat kepuasan pengguna aplikasi OVO menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 12(2).
Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162-175.
Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip. id menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 19-26.
Sakinah, S., & Oktadini, N. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Dana Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi), 6(2), 185-192.
Aini, F., Muttakin, F., Ahsyar, T. K., & Saputra, E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan EUCS. Jurnal Sistem Cerdas, 6(1), 65-76.
Published
2023-12-30
How to Cite
YANA, Emil; HARDIYANTI, Dinna Yunika; RIFAI, Ahmad. ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 265-275, dec. 2023. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/3929>. Date accessed: 03 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v7i2.3929.
Section
Articles