PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, LABELISASI HALAL DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI SKINCARE SOMETHINC (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PEKANBARU)
Abstract
This study aims to determine and analyze the effect of price, promotion and product quality on Apple smartphone purchasing decisions in Pekanbaru City. Sampling in this study using accidental sampling. This study uses primary data. In this study, primary data was obtained directly from respondents by dividing the price or list of statements in a predetermined sample. Secondary data is generally in the form of evidence, historical records or reports stored in published archives. The method used is multiple linear regression analysis with a sample size of 100 respondents. The research results show that product quality has a significant effect on Apple Smartphone purchasing decisions in Pekanbaru city, while Price and Promotion have no significant effect on Apple Smartphone purchasing decisions in Pekanbaru city.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek, labelisasi halal dan celebrity endorser terhadap minat beli konsumen di kota Pekanbaru. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh langsung dari responden dengan membagi angket atau daftar pernyataan pada sampel yang telah ditentukan. Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang tersusun dalam arsip yang dipublikasikan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil Penelitian menunjukkan Kualitas Produk, citra merek, dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli skincare Somethinc, sementara labelisasi halal tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap minat beli skincare Somethinc.
References
Ahmad et al. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 25–31. http://www.topbrand-award.com
Alfian, I., & Marpaung, M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan. AT-Tawassuth. Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 2(1), 118–141.
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299
Arief Adi Satria. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169
Arimbi, I. F., & Heryenzus. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Layanan Online Traveloka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 1–10. http://113.212.163.133/index.php/scientia_journal/article/view/2640
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Dalimunthe, L. E. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Produk Indomie Dan Harga Terhadap Purchase Intention Masyarakat. MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 1–15.
Etta Mamang & Sopiah. (2014). sugiPerilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.
Fauziah, N., & Aziz Mubarok, D. A. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan. Image : Jurnal Riset Manajemen, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.17509/image.v8i1.22686
Febriat, E. C. (2013). Analisis Penerapan PSAK 55 Atas Cadangan Kergiam Penurunan Nilai. Jurnal EMBA, 1(3), 1–13.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat. Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Global Business Guide Indonesia. (n.d.).
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Irawan, S. dan. (2001). No Title.
Kamilah, G. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. 6(2), 1–18. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Kerin, Hartley, Rudelius, T. (2010). Marketing in Asia. Mc Graw Hill.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13 J). Erlangga.
Kotler, P dan Keller, K. (2016). ”Marketing Management”, 14th Edition, Pearson, United States of America.
Kotler & Keller. (2016). “A Famework for Marketing Management”, Prentic Hall International Inc: New Jersey.
Kurniaputri, M. R. (2020). Brand Equity dan Labelisasi Halal dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Produk Lifebuoy. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 450. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1200
Laraswati, C., Harti, H., & Surabaya, U. N. (2022). JURNAL EKOBIS : EKONOMI , BISNIS & MANAJEMEN Vol 12 Nomor 2 ( 2022 ) PENGARUH PERSEPSI KUALITAS , CITRA MEREK DAN JURNAL EKOBIS : EKONOMI , BISNIS & MANAJEMEN. 12, 3–6.
Nugraha, R., Kholid, M., Aniesa, M., & Bafadhal, S. (2017). PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 50(5), 113–120.
Prabowo, Y. (2014). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI (Survei pada Pengunjung 3Second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 14(2), 84414.
Rangkuti. (2015). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan (Snack Merek Chitato) pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).
Saputra, M. R., & Riyadi, S. (2017). Sistem Informasi Populasi dan Historikal Unit Alat-Alat Berat Pada PT . Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia. Jurnal Peneltian Dosen FIKOM (UNDA, 6(2), 1–6.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen (7th ed.). Indeks.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terjemahan oleh Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari (Edisi Keli). Erlangga.
Stephanie, E., Rumambi, L. J., Sondang, Y., Si, S., Sc, M., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.
Sugiyanto2, E. S. 1; (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Deavhijab Fashion The Influence Of Celebrity Endorsment For Buying Interest In Deavhijab Fashion Products. Jurnal Humanis (Humanities, Management and Science Proceedings), 01(2), 406–412.
Sukesti, F., & B., M. (2014). The Influence Halal Label And Personal Religiousity On Purchase Decision On Food Products In Indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 1(4): 150-153.
Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran (kedua). Andi Ofset.
Unud, E. M. (2017). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN MELALUI MEDIA DENPASAR Nyoman Wisniari Savitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Seiring kemajuan teknologi berjualan tidak hanya dilakukan dengan tatap muka . Teknologi memberikan fas. 6(8), 4214–4239.
Zahra, S. (2022). Berpikir Kreatif Dan Menerapkan Manajemen PemasaranBank Syariah. 1–13.
compas.co.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.