Kompetensi, Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir

  • Jusmita Jusmita Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Evelyn Wijaya Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Teddy Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Martha Ng Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Stefani Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh kompetensi, kepemimpinan dan motivasi terhadap kepuasan dan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru PNS yang mengajar di SD Negeri 003, 009 dan 010 Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah sampel sebanyak 62 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan bantuan Skala Likert. Penelitian ini menggunakan Smart PLS (Partial Least Squares) dimana hasil penelitian menemukan bahwa kompetensi dan motivasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja namun kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepemimpinan dan motivasi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja namun kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Sementara itu kepuasan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru. Kondisi ini terjadi dikarenakan sebagian besar responden sudah memiliki masa kerja lebih dari 10 tahun sehingga meskipun responden merasa tidak puas dengan pekerjaannya namun kinerja responden tetap akan stabil akibat adanya rasa tanggung jawab dan keterikatan tersendiri dengan dunia pendidikan.

References

Abasilim, U. D., Gberevbie, D. E., & Osibanjo, O. A. (2019). Leadership Styles and Employees’ Commitment: Empirical Evidence From Nigeria. SAGE Open, 9(3), 1–15. https://doi.org/10.1177/2158244019866287
Abidin, Z., Prihatin, T., & Heri Yanto. (2015). Pengaruh Variabel Determinan terhadap Kompetensi Guru Sekolah Menengah Umum. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepe, 2(1), 51–59.
Andi, Julina, Putra, R., & Swanto, D. J. (2022). The Influence of Competency, Career Development, Compensation and Organizational Commitment on Job Satisfaction and Performance of Public Junior High School Teacher on Bangko District, Rokan Hilir Regency. International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 1(1), 79–95.
Andrianto, S., Komardi, D., & Priyono. (2023). Leadership, Work Motivation, and Work Discipline on Job Satisfaction and Teacher Performance of Dharma Loka Elementary School Pekanbaru. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 30–38.
Arifin, M. (2018). Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di SMPN 2 Paciran.
Atika, O., Junaedi, A. T., Purwati, A. A., & Mustafa, Z. (2022). Work Discipline, Leadership, and Job Satisfaction on Organizational Commitment and Teacher Performance of State Junior High School in Bangko District, Rokan Hilir Regency. Journal of Applied Business and Technology, 3(3), 251–262.
Bakhroini, Junaedi, A. T., & Putra, R. (2022). Motivation, Work Culture, Commitment, and Leadership Style on Job Satisfaction and Employee Performance in Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Services in Kampar District. Journal of Applied Business and Technology, 3(1), 86–101.
Banani, M. T. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 11(01), 67–76. journal.uniga.ac.id
Bukit, B., Malusa, T., & Rahmat, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Zahr Publishing.
Basna, Frengky. "Analisis Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai." Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen UNSRAT, vol. 4, no. 3, 2016.
Fadhli, A., Komardi, D., & Putra, R. (2022). Commitment, Competence, Leadership Style, and Work Culture on Job Satisfaction and Employee Performance at the Office of the Ministry of Religion, Kampar District. Journal of Applied Business and Technology, 3(1), 56–72.
Hafni, L., Himawan, A., Safari, S., & Firdaus, F. (2022). Effect of Leadership and Workload on Work Motivation and Employees Performance PT. Bank Riau Kepri Pekanbaru Branch. International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 1(1), 60–78.
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342
Hanif, et al. (2011). Personal and Job Related Predictors of Teacher Stress and Job Performance among School Teachers, Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences (PJCSS), ISSN 2309-8619, Johar Education Society, Pakistan (JESPK), Lahore, Vol. 5, Iss. 2, pp. 319-329
Harijanto, S. (2008). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI JAKARTA TIMUR Sutji. 2(1), 80–91.
Haryono, Siswoyo. 2017. Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen Dengan AMOS LISREL PLS. Jakarta: Luxima Metro Media.
Hasibuan, Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Indajang, K. (2020). Pengaruh budaya organisasi dan kepemimpinan kepalasekolah terhadap kinerja guru dengan kompetensi guru sebagai variabel moderating pada yayasan perguruan sultan agung pematangsiantar.
Indraastuti, Sri. (2019). Manajemen Sumberdaya Manusia Stratejik. Pekanbaru: UR Press.
Indraastuti, Sri. (2022). Manajemen Sumberdaya Manusia Stratejik (edisi revisi). Pekanbaru: UR Press.
Jumadi, Zuhdan Kun Prasetyo, I. W. (2013). KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU FISIKA SMA / MA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Ketua Penelitian: Penelitian Pengembangan Keilmuan Guru Besar.
Kersiati, Wijaya, E., & Sudarno. (2023). Motivation, Organizational Culture, and Organizational Commitment on Job Satisfaction and Teacher Performance at State Junior High School, Bangko Rokan Hilir, Riau. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 67–78.
Ngatno, Junaedi, A. T., & Komardi, D. (2022). Discipline, Service Orientation, Integrity, and Leadership Style on Job Satisfaction and Performance of High School Teachers in Tanah Putih District. Journal of Applied Business and Technology, 3(2), 153–165.
Pernando, J., Komardi, D., & Chandra, T. (2022). Analysis of Education and Training Influence on the Competence and Performance of Participants of the Mobile Brigade (BRIMOB) Local Police (POLDA RIAU). International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 1(1), 154–163.
Prasetya, A. S. E., Nyoto, Putra, R., & Sultan, F. M. M. (2023). Cyberloafing, Work Environment, and Leadership on Performance and Job Satisfaction of Education Personnel at Sultan Syarif Kasim State Islamic University Riau. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 17–29.
Putri, E., Rahman, S., Komardi, D., & Momin, M. M. (2023). Leadership, Discipline, and Motivation on Job Satisfaction and Teacher Performance at Public Elementary School, Bangko District, Rokan Hilir Regency. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 1–16.
Saleem, Z., Shenbei, Z., & Hanif, A. M. (2020). Workplace Violence and Employee Engagement: The Mediating Role of Work Environment and Organizational Culture. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020935885
Sari, F. M. (2013). Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Di Sd Negeri Kecamatan Gondang Mojokerto. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 9(2), 137–153.
Sari, S. I., Irman, M., & Wijaya, E. (2022). Analysis of Factors Affecting Financial Literacy and Financial Inclusion on Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia Pekanbaru. International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 1(1), 125–142.
Sedarmayanti. (2011). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Bandung: Mandar Maju
Soetopo, M. P. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Pendidikan dan Pelatihan Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru. STEI Ekonomi, 25(01), 85–121. https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JEMI/article/view/75
Subhan, A. (2017). Pengaruh Kompetensi, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada SMK Negeri di Kota Tasikmalaya). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689– 1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia
Sukrapi, M., Muljono, P., & Purnaningsih, N. (2014). The Relationship between Professional Competence and Work Motivation with the Elementary School Teacher Performance. 02(05), 689–694.
Supharta dan Sintaasih. 2017. Pengantar Perilaku Organisasi. Denpasar Timur: CV. Tri Bhakti.
Suriyanto (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Sub Rayon 6 Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/6033
Teasley, M. L. (2016). Organizational Culture and Schools: A Call for Leadership an Collaboration. 2016–2018. https://doi.org/10.1093/cs/cdw048
Titisari, Purnamie. 2014. Peranan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Tohan, Nyoto, & Chandra, T. (2022). The Effect of Teacher’s Competence on the Vocational High School Teachers’ Work Satisfaction and Performance in Prajnamitra Maitreya Foundation, Riau. International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 1(1), 193–212.
Tua, N., Gaol, L., Pelita, U., & Medan, H. (2017). Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. 2, 213–219.
Turangan, Jeine (2017). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1402 –1411
Ujiarto, T., Rifai, R. C., & Raharjo, T. J. (2017). The Journal of EducationalDevelopment Effect of the School Principal’s Management, Academic Supervision, Organizational Culture, and Work Motivation to the Teacher’s Profession alism. 5(3), 414–424.
Ulrich, D., & Smallwood, N. (2010). Executive White Paper Series What Is Leadership? Executive White Paper Series. Ross School of Business, University of Michigan
Utomo, B. P. C. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dan Dosen STMIK Duta Bangsa Surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 1(1), 13– 24.
Wahyudi, L., Panjaitan, H. P., & Junaedi, A. T. (2023). Leadership Style, Motivation, and Work Environment on Job Satisfaction and Employee Performance at the Environment and Hygiene Department of Pekanbaru City. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 55–66.
Wardana, A., Putra, R., & Panjaitan, H. P. (2022). Organizational Commitment, Competence, Motivation, and Work Culture on Job Satisfaction and Performance of the Kampar Police BHABINKAMTIBMAS. Journal of Applied Business and Technology, 3(1), 73–85.
Published
2023-07-29
How to Cite
JUSMITA, Jusmita et al. Kompetensi, Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi, Bisnis dan Manajemen, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 52-65, july 2023. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENABIMA/article/view/3376>. Date accessed: 03 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/senabima.v1i1.3376.