Pengaruh Gaya Kepemimpinan Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SMP di Kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil

  • Nani Handayani Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Nyoto Nyoto Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Harry Patuan Panjaitan Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, disiplin, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja Guru PNS. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, disiplin, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru PNS. Metode yang digunakan dalam pengambilan data penelitian ini adalah kuisioner/angket. Populasi yang dijadikan objek penelitian ini adalah guru PNS pada SMP Negeri di Kecamatan Bukit Batu Siak Kecil dan sebanyak 87 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang guru PNS. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan Teknik pengambilan sampel dengan Teknik purposive sampling. Dimana Teknik ini menggunakan seluruh guru PNS dikurangi kepala sekolah dan yang melakukan penelitian. Tenik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis struktur equation model (SEM) PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja tetapi tidak siqnifikan terhadap Kinerja guru PNS. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan tetapi tidak signifikan terhadap kinerja guru PNS. Disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru PNS. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru PNS pada SMP Negeri di Kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil.

References

Alhusaini, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.
Alwi, S. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan Kompetitif. BPFE UGM.
Armstrong, M. (2014). Human Resource Management Practice. Kogan Page Limited.
Asl, S. G., & Osam, N. (2021). A Study of Teacher Performance in English for Academic Purposes Course: Evaluating Efficiency. SAGE Open, 11(4), 1–9. https://doi.org/10.1177/21582440211050386
Atika, O., Junaedi, A. T., Purwati, A. A., & Mustafa, Z. (2022). Work Discipline, Leadership, and Job Satisfaction on Organizational Commitment and Teacher Performance of State Junior High School in Bangko District, Rokan Hilir Regency. Journal of Applied Business and Technology, 3(3), 251–262.
Bavendam. (2000). Effective Management through Measurement. Hill Publishing Company Ltd.
Dubrin, A. (2000). The Complete Idiot’s Guide to Leadership (2nd Editio). ALPHA.
Elfita, Sudarno, Nyoto, & Sultan, F. M. M. (2022). Work Stress, Workload, and Work Discipline on Work Satisfaction and Teacher Performance (Case Study in Akramunas Islamic Kindergarten, Pekanbaru). Journal of Applied Business and Technology, 3(2), 143–152.
Garry, Y. (2005). Kepemimpinan dalam Organisasi. PT Yudeks.
Ghozali, I. (2012). Analisis multivariate dengan program IBM spss. Articel.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hersey, B. (2013). Manajemen Perilaku OrganiSasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Erlangga.
Keith, D. (1995). Perilaku Dalam Organisasi. Erlangga.
M. A. Roshidi, A. (1999). Pengaruh Iklim Organisasi ke Atas Kepuasan Kerja Guru-Guru Sekolah Menengah : Kajian Kes di Daerah Padang Terap. Universiti Malaysia Sarawak.
Mairia, Komardi, D., & Panjaitan, H. P. (2021). Leadership, Organizational Commitment, Work Discipline, and Employee Performance at Public Health Office of Pekanbaru City. Journal of Applied Business and Technology, 2(2), 154–168.
Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Remaja Rosdakarya.
Meija Gomez. (2001). Managing Human Resource. Prentice Hall.
Miftah, T. (2003). Kepemimpinan dalam Manajemen. PT Raja Grafindo.
Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Rosdakarya.
Nyoto, Sudarno, Priyono, Surikin, & Renaldo, N. (2023). Emotional Intelligence, Workload, and Cyberloafing on Organizational Commitment and Performance of Teachers at the Pelalawan High School Level. Journal of Applied Business and Technology, 4(2), 134–143. https://doi.org/https://doi.org/10.35145/jabt.v4i2.129
Putra, R., Sudarno, Sutanto, J., Mukhsin, & Suyono. (2023). Commitment, Discipline, and Work Environment on Job Satisfaction and Teacher Performance at SMK Negeri Tambusai Utara, Rokan Hulu District International Conference on Business Management and Accounting ( ICOBIMA ). International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 1(2), 417–428. https://doi.org/https://doi.org/10.35145/icobima.v1i3.3070
Rafizal, J., Nyoto, Sudarno, & Sulta, F. M. M. (2022). Organizational Culture, Work Environment, and Workload on the Performance of POLRI Members (Case Study in Pekanbaru Police Criminal Reserve Unit). Journal of Applied Business and Technology, 3(3), 263–271.
Rahayu, L. (2014). PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGRI 5 MAGELANG. Economic Education Analysis Journal, 3.
Rahman. (2006). Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Alqaprint.
Ramadona, A., Putra, R., & Komardi, D. (2021). Commitment, Motivation, Leadership and Work Culture on Job Saisfaction and Teacher Performance at SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Journal of Applied Business and Technology, 2(2), 169–182.
Rivai. (2004). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. PT Raja Grafindo.
Robbins, S. P. (2002). Management. Prentice Hall.
Simamora, H. (2004). Manajemen sumber daya manusia. STIE YKPN.
Siswanto Bejo. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrarif dan Operasional. Bumi Aksara.
Sudarno, Safitri, H., Junaedi, A. T., Tanjung, A. R., & Hutahuruk, M. B. (2023). Effect of Leadership Style, Work Discipline, and Competency on Job Satisfaction and Performance of Dapodik Operator Employees in Bengkalis District. International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 1(2), 385–400. https://doi.org/https://doi.org/10.35145/icobima.v1i2.3059
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriadi, D. (2002). Sejarah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan Di Indonesia Membangun Manusia Produktif. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.
Triatna. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Utari, K. T. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 4.
Wahjosumijo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Raja Grafindo Persada.
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. PT Raja Grafindo Persada.
Yanni, Aj. (2022). Peranan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.
Published
2023-07-29
How to Cite
HANDAYANI, Nani; NYOTO, Nyoto; PANJAITAN, Harry Patuan. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SMP di Kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi, Bisnis dan Manajemen, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 82-95, july 2023. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENABIMA/article/view/3503>. Date accessed: 02 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/senabima.v1i1.3503.