PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU PHILIPS

  • Ria Darmasari
  • Jovin Jovin
  • Dadi Komardi
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of perceived price, product quality and brand image on purchasing decisions for Philips light bulbs. The object of research at the Cristal Lighting Store Pekanbaru. The number of samples in this study amounted to 60 people, namely consumers who purchase Philips lamps, the determination of respondents using the roscoe concept. Data analysis in this study used descriptive analysis and multiple linear regression. The results showed that the perception of price, product quality and brand image had a significant influence on purchasing decisions for Philips light bulbs at the Cristal Lighting Store, Pekanbaru. Partially, perceived price, product quality and brand image have a positive and significant effect on purchasing decisions for Philips lamps.


 


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian bola lampu Philips. Objek penelitian pada Toko Cristal Lighting Pekanbaru. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yaitu konsumen yang melakukan pembelian lampu Philips, penentuan responden dengan menggunakan konsep roscoe. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa persepsi harga, kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh yang sinifikan terhadap keputusan pembelian bola lampu Philips di Toko Cristal Lighting Pekanbaru. Secara parsial persepsi harga, kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian lampu Philips.

References

Ayu dan Hariyawati. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen. Vol 2 No. 2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang.
Azmi. M. Shalahuddin. 2016. Analisis Pengaruh Faktor Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips. Jurnal Manajemen Volume 2 Nomor 2. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Deisy M, Lapian J, dan Mandagie Y. 2018. Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai – Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 2288 – 2297. ISSN: 2303 – 1174.
Ghozali Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Istijanto, 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Janitra D. Perwira dan Pramudana A. Satria. 2016. Pengaruh Variabel Demografi dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau Philips LED di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud Volume 5 Nomor 8 Tahun 2016.
Karyanto. 2015. Analisis Pengaruh Faktor Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips. Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3 No 2 Tahun 2015. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kotler,P, & Keller, K.L 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks: Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat & Hamdani.2016. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Mandey B. Jilly. 2013. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA 95 Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 95-104. ISSN: 2303 – 1174.
Muhamaran dan Sholiha. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank KB – 3 Sendi U – 3. Tahun 2017. ISBN 9-789-7936-499-9-3.
Pamungkas, Prasodjo dan Indraningrat. 2015. Pengaruh Green Product dan Green Advertsing Terhadap Keputusan Pembelian Lampu LED Philips di Jember. Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 Artikel Ilmiah. 2015.
Rulyadi A., Arrafiqurrahman, Seprini. 2019. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Kasus pada Pelanggan Ponsel Bedepe Pasir Pengaraian. Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019.
Simon A. dan Sembiring E. Elida. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Alat-Alat Listrik Merek Schneider pada PT Kawi Agung Kencana. Jurnal Aksara Public Volume 3 Nomor 2 Edisi Mei 2019
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif Kualitatif dan R&D) Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2012. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS.
Supriyadi, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 1 Nomor 1 Tahun 2016.
Tjiptono 2012. Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.
Published
2021-12-31
How to Cite
DARMASARI, Ria; JOVIN, Jovin; KOMARDI, Dadi. PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU PHILIPS. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-16, dec. 2021. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/1823>. Date accessed: 07 dec. 2022.