ANALISIS PENGARUH VARIABILITAS PERSEDIAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2015 – 2019

  • Sudarno Sudarno
  • Sylvia Nursi
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

The purpose of this research is to find out the influences of inventory variability, company size and liquidity on the selection of inventory accounting methods in pharmaceutical companies on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2015-2019. The sampling technique used purposive sampling method, the number of samples used in this study were 9 companies in the pharmaceutical sub sector. The analysis technique used is logistic regression analysis. The test results show that inventory variability has no effect on the choice of accounting method, while firm size and liquidity have an influence on the choice of inventory accounting method in pharmaceutical sector companies.


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabilitas persediaan, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019, Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor farmasi di Bursa Efek Indonesia yang terdaftar tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 9 perusahaan sub sektor farmasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabilitas persediaan tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi sedangkan ukuran perusahaan dan likuiditas memiliki pengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan pada perusahaan sektor farmasi.

References

Ayem, S., & Harjanta, A. P. P. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Vvariabilitas Persediaan, Kepemilikan Manajerial, Financiak Leverage Dan Laba Sebelum Pajak Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 13.
Brian Syailendra dan Raharja.2014. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pemilihan Metode Penilaian Persediaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Dagang dan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008- 2012). Universitas Diponegoro.
Brigham, E. F. D. J. F. H. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Dipanusa, B. A. (2013). Pengaruh Investmen Oportunity Set (IOS), Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional terhada Kualitas Laba. Vol 11 .
Fees, Warren, R. (2008). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kasini. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2009.Medan. Jurnal Universitas Sumatera Utara.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mahardika, R., E. Nuraina, dan P. W. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Akuntansi Dan Pendidikan, Vol. 4, No, 99–109.
Marwah, S. (2012). “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Penilaian Persediaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2010”. Akuntansi Dan Bisnis.
Nugroho Tulus Rahayu, & Edi Susanto. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Persediaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal STIE Semarang, 9(3), 35–52.
Nurminda, Aniela, Isynuwardhana, Deannes, Nurbaiti, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). E-Proceeding of Management., 4(1).
Oktaviani, D. (2014). Perbandigan Tingkat Konsistensi Normalitas Metode Kolmogorov-Smirnov, Liliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Surabaya: Universitas Airlangga.
Putri Prayana, T. (2014). Analisis Faktor faktor yang mempengaruhi Pemilihan Metode Persediaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia” Universitas Sumatera Utara.
Riswan., dan R. F. (2016.). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Penilaian Persediaan pada Perusahaan Dagang yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol 7,
Sangadah, S. (2014). Analisis Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan pada Perusahaan Manufaktur. Accounting Analysis Journal, Vol. 3, No, 291–300.
Setiyanto, K. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Dagang dan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Tahun 2008 2010). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro. Accounting.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
www.bps.go.id
www.idx.co.id
Published
2022-01-03
How to Cite
SUDARNO, Sudarno; NURSI, Sylvia. ANALISIS PENGARUH VARIABILITAS PERSEDIAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2015 – 2019. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 134-147, jan. 2022. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/1837>. Date accessed: 07 dec. 2022.