FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP SMARTPHONE OPPO DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING FAKULTAS EKONOMI PEKANBARU

  • David Andreas Siallagan Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Silvia Sari Sitompul Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Maulana Rezfajri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi mengalami perubahan yang sangat signifikan mulai dari yang sederhana hingga ke modern. Salah satu perkembangan teknologi komunikasi yang terlihat adalah Smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Kualitas Produk Pengguna Smartphone OPPO di Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini merupakan Konsumen yang memiliki smartphone OPPO di Kota Pekanbaru. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling, sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 110 responden. Metode pengumpulan data melalui kueisioner dan wawancara. Teknik analisis pada penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Smart Partial Least Square (PLS) 3.0. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini bahwa variabel Kesadaran Merek, Citra Merek dan Kualitas Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.

References

Adyanto, B. C., S. B. Santosa (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image , Harga Dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 1–20. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php
Alfredo Dwitama Soenawan, E. S. M. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D ’ Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra Email:, 395–409.
Anggraeni, P., & Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs www.traveloka.com. Telkom University, 3(2), 1880–1887.
Armstrong, Kotler (2016) Marketing An Introduction, Edisi 13, USA: Perason Education.
Bilondatu, M. (2013). Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 710–720.
Buchari Alma. (2014). Brand Believe. Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta. Salemba Empat.
Fahmi. (2015). "Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Yang Mengambil Kuliah Di Kampus Depok)". Jurnal Ekonomi Bisnis Vol. 22 No. 3.
Hamidah, Siti, D. Anita (2013). Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus Stie Pelita Indonesia). Igarss 2014, 21, 1–20.
Laheba, Y. A., Tumbuan, W., & Soepeno, D. (2015). Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Jurnal EMBA, 3(3), 99–108.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Marwanto, Aris. (2015). Marketing Sukses. Yogyakarta: KOBIS.
Merek, P. C., Merek, K., & Kualitas, D. A. N. (2015). 14527-1-29615-1-10-20151012. 4(10), 3228–3255.
Repi, L., Tawas, H., & Onsu, R. (2015). Atribut Produk, Citra Merek, Dan Strategi Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Dealer Yamah Ranotana. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 818–828.
Setiaman, S. (2020). Analisa Parsial Model Persamaan Struktural Dengan Software Smart-PLS Versi 3 (1st ed.). PPNI QATAR.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Published
2023-01-20
How to Cite
SIALLAGAN, David Andreas; SITOMPUL, Silvia Sari; REZFAJRI, Maulana. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP SMARTPHONE OPPO DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING FAKULTAS EKONOMI PEKANBARU. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 439-452, jan. 2023. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/2777>. Date accessed: 29 sep. 2023.