PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN COCA COLA DI DUMAI (STUDI KASUS MASYARAKAT DUMAI)

  • Tria Setio Sanjaya Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Astri Ayu Purwati Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Amirudin M. Amin Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Dadi Komardi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

This study aims to determine the effect of brand image, product quality, promotion and price on consumer loyalty of coca cola dumai. The population of this research is the dumai coca cola consumers. The technique in determining the sample to be studied is the Accidental Sampling method, so that the sample in this study was 150 respondents. The method of collecting data is through a questionnaire. The data collection technique in this research used research questionnaires and literature studies, while the data analysis techniques used were preliminary tests (validity test and reliability test), classical assumption test (multicollinearity test, heteroscedasticity test, and normality test), global test (f test). , test the coefficient of determination, partial test (t test), and multiple linear regression. Based on the results of this study indicate that the variable brand image on consumer loyalty has no effect and significant. Product quality and price variables on consumer loyalty have a negative and significant effect. The promotion variable on consumer loyalty has a positive and significant effect.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari citra merek, kualitas produk, promosi dan harga terhadap loyalitas konsumen coca cola didumai. Populasi dari penelitian ini merupakan konsumen coca cola didumai. Teknik dalam menentukan sampel yang akan diteliti adalah metode Accidental Sampling, sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 150 responden. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket penelitian dan studi pustaka, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji pendahuluan (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas), uji global (uji f), uji koefisien determinasi, uji parsial (uji t), dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek terhadap loyalitas konsumen tidak berpengaruh dan signifikan. Variabel kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen berpengaruh negatif dan signifikan. Variabel promosi terhadap loyalitas konsumen berpengaruh positif dan signifikan.

References

Anggraeni, Kumadji, dan Sunarti, (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). 37(1).
Astuti Dan Sudarusman, (1967). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Natural Nusantara Di Gunungkidul. 3, 1–3. https://doi.org/10.19016/jcshokuriku.3.0_1
Fisher dan Shipton, (2015). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk , Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca Cola Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. 7–37.
Firanazulah, Safavi, Saputri, Sudrajat, (2021). Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. 18(1), 1–9.
Grewel dalam Soraya, (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, Promosi, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Ramayana Padang.
Kartajaya, Griffin, (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Koran Harian Pt. Riau Pos Intermedia Pekanbaru). 3(2), 1–11.
Keller, (2013). “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Coca Cola” (Studi Pada Konsumen Coca Cola di Kota Malang). 54.
Kotler dan Armstrong, (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barukah di Balongbendo.
Mursyid, Waskita, (2018). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. 10(1), 279–288. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gie.2018.04.013%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29451164%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5838726%250Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gie.2013.07.022
Pepadri, (2017). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Clean And Bar Paragon Solo. 1–23.
Saktiyanto, (2014). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Ahass Primadana Motor Pesanggaran – Banyuwangi. 59(9–10).
Salnes, (1967). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sim Card Telkomsel. 5–24.
Schiffman dan Kanuk, (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkoflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). c.
Setiawan dalam Farid Yuniar Nugroho, (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT Pertamina (Persero) Enduro 4T di Makassar.
Shodiq & Hidayat, (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Loyalitas Konsumen Majalah Swa Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus di DKI Jakarta ). 1–8.
Soraya, (2015). Pengaruh Promosi Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Cipaganti Travel. VI(2), 11–23. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2462/1698
Sugiyono, (2012). Pengaruh Salesmanship Terhadap Penjualan Minuman Coca Cola Pada Pt. Coca Cola Amatil Indonesia Cabang Pekanbaru.
Tjiptono, (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Citra Swalayan Andalas. 102.
Wibowo, (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dangan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Di Kota Magelang. 4(2), 334–341. https://doi.org/10.37715/jp.v4i2.1533
Yunaida, (2018). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. 6(2), 798–807. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.685
Zuhri, (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Shampo Dove (Studi Pada Mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara).
Published
2023-08-04
How to Cite
SANJAYA, Tria Setio et al. PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN COCA COLA DI DUMAI (STUDI KASUS MASYARAKAT DUMAI). LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 166-178, aug. 2023. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/3397>. Date accessed: 18 july 2024.