PENGARUH RETURN ON ASSET, DEBT TO ASSET RATIO, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, SALES GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUBSEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021

  • Anton Anton Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Winda Oktaviana Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Syukri Hadi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai perusahaan (PBV) dari perusahaan subsektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 - 2021 berdasarkan ROA, DAR, CSR, Sales Growth. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 45 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan SmartPLS3.0. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel ROA dan Sales Growth berpengaruh signifikan terhadap PBV perusahaan subsektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021 , sedangkan DAR dan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV perusahaan subsektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021.

References

Annisa P. Kingkin, Prof. Marwan Asri, M.B.A., P. . (2020). Pengaruh Debt To Asset Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018.
Arfina Nurharli. (2018). Pengaruh ROA Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Moderating Di Perusahaan Manufaktur Industri Subsektor Tambang Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2013-2017.
Arianty. (2021). Pengaruh Brand image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian . Jurnal ilmiah Magister Manajemen Volume 4 .
Daniarto, R. dan D. M. (2013). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham. Journal Of Accounting, Vol 2 No 2, 1–11.
Dzikir, A., Syahnur, S., & Tenriwaru, T. (2020). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Ajar, 3, 219–235.
Fahrizal, H. (2013). Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) Dan Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Jenis Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Fitrianingsih, Dian and -, Dr. H. Syamsudin, S.E., M. M. (2020). Pengaruh Return On Assets, Likuiditas, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Bank Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018).
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (7th ed.). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Hadi, N. (2014). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu. Hanafi, M. dan A. H. (2012). Analisis Laporan Keuangan.
Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). Scopindo.
Karin Dwi Cahya, J. C. R. (2018). Pengaruh ROA Dan ROE Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sustainability Reporting Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ 45.
Karina Meidiawati dan Titik Mildawati. (2016). Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kesatu. Cetakan Kedelapan. In PT Raja Grafindo Persada.
Keown.et.al. (2004). Manajemen Keuangan : Prinsip-Prinsip dan Aplikasi (9th ed.).
Kesuma, A. (n.d.). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Ali. 38–45.
Khoeriyah, A. (2020). Pengaruh Size,Leverage,Sales Growth dan IOS terhadap nilai perusahaan. 13. Kurtz, B.
L. dan. (2008). Pengantar Bisnis Jilid Satu. Airlangga.
Kusumastuti, M.A.R.M., &, & Dewi, A. . (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Usia dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi, 31, 1854–1866.
Lubis, N. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Properti dan Real Estate.Thesis
Luthfiana, A. (2018). Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di BEI Periode 2014-2017).
Made Agus Teja Dwipayana, I. G. N. A. S. (2016). Pengaruh DAR,Devidend Dan ROA Terhadap Nilai Perusahaan E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17.
Murhadi, W. R. (2013). Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Salemba Empat.
Nahda K. dan Harjito D. A. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15, 1–12.
Oktivani Dian Lestari(2013). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating.
Patricia, N. (2021). Pengaruh Likuiditas dan Sales Growth terhadap Financial Distress. http://eprints.ukmc.ac.id/6028/
Permana, A. A. N. B. A., & Rahyuda, H. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas,Likuiditas, Dan Inflasi Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1577–1607. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p15
Prasetiono, P., & Hapsari, E. (2009). Analisa Rasio Keuangan untuk Memprediksi Pertumbuhan Laba (Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2001 sampai dengan 2005). Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi (JSMO), 6(1), 150–169.
Riduwan. (2008). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta.
Risna Herlista, Buntoro Heri Prasetyo, A. A. (2019). The Effect Of Sales Growth And Profitability On Company Value InPlastic And Packaging Sub-Secor Companies Registered In Indonesia Stock Exchange 2014-2019 Period. 6.
Riswari, D. A. D. N. C. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Journal Of Accounting, 1, 1–12.
Robiyanto, Ilma Nafiah, Harijono, dan K. I. (2020). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Perhotelan dan Pariwisata Melalui Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14.
Ross, S. A. (1977). The Determination of Financial Structure: The Incentive_Signalling Approach. The Bell Journal of Economics, 23–40.
Salempang, L. E., Sondakh, J. J., & Pusung, R. J. (2016). Pengaruh Return on Asset, Debt To Equity Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Real Estate Dan Properti Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2013-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 813–824.
Sartika, Y. D. (2017). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar di ISSI. Sartono, A. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th ed.).
Setiani, R. (2013). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Nilai Tukar dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Padang, 1–10.
Setiawanta, Y. (2016). Profitabilitas, Likuiditas Dan Nilai Perusahaan (Industri Properti dan Real Estate yang Listed Di PT. BEI Pada Tahun 2011-2014). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 151–163.
Sinaga, L. V., Nababan, A. M., Sinaga, A. N., Hutahean, T. F., & Guci, S. T. (2019). Pengaruh Sales Growth, Firm Size, Debt Policy, Return On Asset terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 2(2), 345–355. https://doi.org/10.31539/costing.v2i2.664
Soelistyoningrum, J. N. dan A. P. (2011). Pengaruh Pengungkapan Sustainability report terhadap Kinerja Keuangan: Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.
Solichah, F. (2017). Pengaruh Kebijakan Hutang Dan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Properti Dan Real Estate fsholichah@gmail.com Pendahuluan. Akademika, 15(2), 105–110.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanti. (2016). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Peruashaan Perbankan Di BEI Periode 2013-2015. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol. 02 No.
Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248–1277. https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/27276/17919
Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi (1.Kanisius).
Zhafiira, C. F., & Andayani, A. (2019). Pengaruh Sales Growth, Keputusan Penadnaan, Keputusan Investasi dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Riset Dan Akuntansi, 8.
Published
2024-01-25
How to Cite
ANTON, Anton; OKTAVIANA, Winda; HADI, Syukri. PENGARUH RETURN ON ASSET, DEBT TO ASSET RATIO, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, SALES GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUBSEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 458-470, jan. 2024. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/4037>. Date accessed: 11 sep. 2024.