Pengaruh Online Customer Review, Electronic Service Quality, Trust, Electronic Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh pengaruh Online Customer Review, Electronic Service Quality, Trust, Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee. Populasi penelitian ini adalah seluruh pronvinsi di Indonesia dan pengguna aktif dan seluruh individu yang pernah melakukan pembelian atau transaksi di shopee, metode penentuan sampel dengan rumus Roscoe dengan sehinga diperoleh 100 orang. teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik accidental sampling Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review, Electronic Service Quality, Trust, Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Anggraini, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Iklan, dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Penguna aplikasi Mobile Traveloka. Skripsi, Universitas Jember.
Amin, A. M., & Yanti, F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 1–14.
Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 08(02), 55–66. Diambil dari
Astuti, Y. T. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee (studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau). Skripsi, Universitas Islam Riau.
Banjaŕnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., … Hasyim. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 1(4), 178–190.
Farida Jasfar. (2009). Manajemen Jasa: Pendekatan Terpadu. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Herdiyani, Y., & Suyanto, A. (2023). Pengaruh Harga Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Netflix. e-Proceeding of Management, 10(02), 872–883.
Hermansyah, R. A. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Memilih Berkuliah Di Universitas Brawijaya Pada Mahasiswa Difabel Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas (Psld) Universitas Brawijaya. Skripsi, Universitas Brawijaya.
Jogiyanto, H. M. (2019). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). Manajemen Pemasaran 1&2 (12 ed.). Jakarta: Indeks.
Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 882–888.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen (dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya). Jakarta: Erlangga.
Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, & Azhar, M. E. (2020). Word of Mouth Electronic Model: Destination Image, Tourist Satisfaction and Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 1–19.
Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), 173.
Muslim, A. W. (2018). Pengaruh Media Sosial, E-Service Quality dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Oleh Gaya Hidup. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 06(02), 145–162.
Nasution, A. B., & Kurniawati, T. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Padang). Jurnal Salingka Nagari, 1(2), 101–110.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL a multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233.
Pasa, E. G., Wulandari, J., & Adistya, D. (2020). Analisis E-Trust, E-Wom Dan E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(2), 63–75.
Prayuda, Y., & Anwar, S. (2023). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian online pada konsumen shopee di kota padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 630–646.
Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(02), 12–31.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas PGRI Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23.
Rulyagustin, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla pada Generasi Z di Solo Raya. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E- Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengguna Situs BukaLapak di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 09(01), 251–260. Diambil dari
Syafi’atul Waro, S., & Widowati, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Celebrity Endorser, dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 1084–1095.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wibowo, A. (2015). Pengaruh Elektronik Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Pada Konsumen Smartphone Samsung Yang Berbasis Android. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 71–88. https://doi.org/10.21831/jim.v12i1.11743