PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ULTRA MILK DI KOTA PEKANBARU

  • Pamuji Hari Santoso Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Vannesa Arta Winata Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Jansaris Othinel Purba Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian Susu Ultra Milk di Kota Pekanbaru. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh langsung dari responden dengan membagikan angket atau pernyataan-pernyataan pada sampel yang telah ditentukan. Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang tersusun dalam arsip yang dipublikasikan. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan Harga tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Susu Ultra Milk, Kualitas Produk tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Susu Ultra Milk di Kota Pekanbaru, sementara Word Of Mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Susu Ultra Milk di Kota Pekanbaru

References

Ababil, R., Muttaqien, F., & Nawangsih. (2019). Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee. Journal Progress Conference, Vol. 2(July), 572–581. http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/131/117
Alamsyah, I., & Budiarti, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass. Jurnal Ilmu Dan Riset M, 2(2), 11.
Febryanti, H., & Hasan, F. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Promosi Online terhadap Minat Beli Masyarakat pada Usaha Makanan Online Nasi Madura Pantry’s Kota Pasuruan. Agriscience, 3(1), 164–178. https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15240
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat. 8.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Komala, R. . (2017). Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, 3(2), 330–337.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran.
Kusumawati, F., Aditya, D., & Rianto, J. D. (2020). Pengaruh Harga, Kemasan, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Uht Ultra Milk. 4, 34–45.
Larasati, N. R., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas , Word of Mouth , Dan Iklan Terhadap Keputusan. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis, 1(1), 51–60.
Listighfaroh, M. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–17. http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1428/2/jurnalku new.pdf
Lupiyoadi, & Hamdani. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa.
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.
Peter, J. P., & Jeery, C. O. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 9.
Pranowo, E. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konveksi Syahid Ponorogo. 53(9), 1689–1699.
Ririn, R. (2020). Buku Monograf Pengendalian Kualitas.
Rizka Triziana Viesti. (2017). Analisis Pengaruh Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Mom Milk Manahan Solo.
Sari, Y. . (2019). Pengaruh Brand Trustu dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Hijab Elzatta di Kota Bengkulu.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono, & Susanto. (2014). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel.
Syahri, S., & Putri, D. M. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 492–498.
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa.
yolanda, cici ratnasih, inggi ratna rangkuti. (2022). Harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. 10(2), 74–90.
Published
2024-06-24
How to Cite
SANTOSO, Pamuji Hari; WINATA, Vannesa Arta; PURBA, Jansaris Othinel. PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ULTRA MILK DI KOTA PEKANBARU. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-15, june 2024. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/4280>. Date accessed: 18 feb. 2025.