PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CV. BAKTI INDAH JAYA PEKANBARU

  • Onny Setyawan Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Salvador Willyam Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Ria Darmasari Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Customer Relationship terhadap Loyalitas Pelanggan pada  CV. Bakti Indah Jaya Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik accidental sampling dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel dan penentuan jumlah sampel menggunakan teknik Roscoe maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan  kuisioner (angket) dan studi pustaka, sedangkan uji pendahuluan ( uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolnieritas), uji kelayakan model (uji F dan  koefisien determinasi), uji regresi linear berganda dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan  terhadap loyalitas Pelanggan pada CV.Bakti Indah Jaya Pekanbaru sedangkan Customer Relationship berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

References

Ananda, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bengkel Sisam Pematangsiantar, 6(1), 50–64.
Asraini, D. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Nusantara Surya Sakti Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Anggraini, S. F., Nasution, Z., Simanjuntak, D., Labuhanbatu, U., & Pendahuluan, I. (2022). Pengaruh Harga , Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Toko Khanza Aeknabara. 6, 408–417.
Darwin, S., Kunto, S., Si, S., Sc, M., Pemasaran, P. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). sebagai variabel intervening pada asuransi jiwa manulife indonesia – surabaya. 2(1), 1–12.
Elen, & Raymond. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada J&T Express Indosat. Jurnal Ilmiah Core IT, Vol. 8(1), 142–155.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan PelangganTerhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Agen Galunggung Kota Malang).
Fardani, N. E. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Mobile Broadband Services Telkomsel Di Kota Bandung Tahun 2014 . E-Proceeding Of Management : Vol.2, No.2 , 1-10.
Jurnal, A., Brebes, K., & Tengah, P. J. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei ). 1(1), 88–95.
Kotler, Philip, dan Gery Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Masili Veronica, Lumanauw Bode, T. V. . M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Toko Bahan Bangunan Mentari Di Desa Sea Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa, 10(4), 44–55. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43690
Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 743–755. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.628
Munandar, I., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada CV Mars Global Group The Influence of Service Quality and Customer Relationship Management (CRM) on Customer Purchasing Decisions at CV Mars. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Manajemen (EBISMEN), 2(1), 15–26.
Pangaila, P. A., Worang, F. G., & Wenas, R. S. (2018). pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan pengguna aplikasi gojek (studi pada pengguna layanan go-ride di kota manado) effect of service quality and prices on customer loyalty of gojek application users (Study on Go-Ride Service U. Jurnal EMBA, 6(4), 2778–2787.
Puasantika, J. M., & Prabawani, B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada RM Ayam Goreng Bu Bengat). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada RM Ayam Goreng Bu Bengat), 1–13.
Putra, E. H., & Johanes, S. (2017). Jurnal SWOT , Volume VII , No 1 , Januari 2017 Jurnal SWOT , Volume VII , No 1 , Januari 2017. Jurnal SWOT, VII(1), 76–88.
Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management And Enterpreneurship Journal, 1(4), 102–115.
Rorong, M. R. I., Lapian, S. L. H. V. J., & Tielung, M. V. J. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Sulut Go Cabang Uatama. Jurnal EMBA, 8(2), 29–38.
Setyaleksana, B., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 46(1), 45–51.
Setyowati, E. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi, 18(2), 102. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4507
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan Edisi 1. Yogyakarta.
Unud, E. M. (2017). PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Dewa Ayu Wina Ariyunita Supar 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Masyarakat Indonesia mulai beralih p. 6(3), 1564–1591.
Published
2024-06-24
How to Cite
SETYAWAN, Onny; WILLYAM, Salvador; DARMASARI, Ria. PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CV. BAKTI INDAH JAYA PEKANBARU. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 16-29, june 2024. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/4282>. Date accessed: 17 mar. 2025.