DAMPAK KEPERCAYAAN, PERSEPSI RESIKO DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEKURITAS PADA PT MEGA CAPITAL SEKURITAS
Abstract
KSEI menginformasikan bahwa jumlah investor pada pasar modal Indonesia terus mengalami peningkatan. Secara demografi, investor didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z lebih dari 80%. Kondisi ini memperlihatkan peningkatan antusiasme investor muda dalam mencoba berinvestasi surat berharga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari kepercayaan, persepsi risiko, dan motivasi terhadap keputusan pembelian produk sekuritas pada PT Mega Capital Sekuritas. Populasi penelitian adalah nasabah pada Mega Capital Sekuritas Cabang Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier Berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepercayaan dan persepsi resiko berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. sementara itu, motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sekuritas.
References
Devi, B., Hoyyi, A., & Mukid, M. (2015). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Layanan Internet Speedy Di Kota Semarang Menggunakan Partial Least Square (Pls). Jurnal Gaussian, 4(3), 485–495.
Dewi, S. K., Siburian, P. S., & Indriastuti, H. (2017). Pengaruh motivasi konsumen, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian mobil. Jurnal Manajemen, 9(2), 105–110. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i2.2479
Gazali, A. V., & Suyasa, P. T. Y. S. (2020). The Role of the Perceived Risk to Purchase Decision (For Consumers Who Use Online Shopping Technology). 439(Advances in Social Sciences, Education and Humanities Research 2019), 375–379. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515.066
Lendo, R. R. (2013). The Unfluence of Motivation and Consumer Attitude on Online Shop Purchase Decision. Jurnal EMBA, 1(4), 2245–2252.
Nursani, Muhammad Rizqon, Nur Faiza, & Muhammad Akbar. (2023). Determinants of Purchase Decisions among E-commerce Users: The Significance of Trust, Security, Price, Service Quality, and Risk Perception. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 97–116. https://doi.org/10.21009/jdmb.06.1.7
Rosandi, F. H., & Nurlatifah, N. (2022). Pengaruh Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Barang Diskon Pada Mahasiswa UTS Di Minimarket Sumbawa Besar. Jurnal TAMBORA, 6(2), 59–65. https://doi.org/10.36761/jt.v6i2.1994
Samsuranto, S. (2021). Perception and Motivation Analysis of Purchase Decisions in Lumajang. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 79–84. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.795
Sartika, D. (2021). the Effect of Trust and Ease on Online Purchase Decisions in Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen , 9(3), 253–262. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index
Susnita, T. A. (2020). Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Helmi Hendra Motor Kabupaten Majalengka Dealer Resmi Honda. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 380–392.
Tjahyono, A. I. S., & Mahmud. (2023). The Influence of Trust, in Mediating Perceived of Risk, and Web Quality on Purchasing Decisions" (Study on Student Users of Online Shopping (Shopee) at Udinus. Journal of Economic Education, 12(1), 1–11. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec
Wardhani, R. A., & Muid, D. (2017). Pengaruh Agresivitas Pajak, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility (Studi empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015). Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 1–10.
Yunitasari, M. D. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Aplikasi Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 325–330.