ANALISIS PENGARUH HARGA, IKLAN, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AQUA DI KOTA PEKANBARU
Abstract
Air merupakan komponen dasar dari sebuah kehidupan, kualitas sumber air untuk minum sangat penting untuk Kesehatan tubuh, di Riau sebanyak 53.41% rumah tangga memilih menggunakan air dalam kemasan sebagai air utama yang digunakan untuk minum. Aqua merupakan salah satu merek air minum dalam kemasan yang mendominasi pasar Indonesia, namun terjadi penurunan brand index sebesar 10,3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, iklan dan brand image terhadap keputusan pembelian Produk Aqua di Kota Pekanbaru. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan Harga, Iklan dan Brand Image memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pekanbaru.
References
Badan Pusat Statistik Indonesia, (2023). "Statistik Indonesia Statistical Yearbook of Indonesia 2023".
Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang. Jurnal Mirai Management, 7(1), 250-256.
Fandy, T. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa.
Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.
Institute of Medicine. 2005. Dietary Reference Intakes for Water, Potassium, Sodium, Chloride, and Sulfate. Washington, DC: The National Academies Press.https://doi.org/10.17226/10925.
Janna, M. (2016). Pengaruh Iklan Aqua Terhadap Keputusan Membeli Masyarakat di Kompleks BTN Tritura-Antang Kota Makassar (Studi Iklan Televisi). Jurnal Ilmu Komunikasi UIN Alaudin Makassar, 12(9), 28–51. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1720/
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran.
Maulidiyah, R. N. (2021). Pengaruh Brand Image, Content Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Sabun Pemutih Gluta Collagen Soap. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Minati, E. (2017). Analisis Penerimaan Pajak Hotel di Kabupaten Semarang Tahun Anggaran 2013-2015.
Mulyati, I. (2018). Pengaruh harga, iklan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone oppo (studi pada mahasiswa febi iain batusangkar).
Monoarfa, H., Juliana, J., Setiawan, R., & Abu Karim, R. (2023). The influences of Islamic retail mix approach on purchase decisions. Journal of Islamic Marketing, 14(1), 236-249.
Nurhalim, A. D. (2020). Pengaruh Brand Image Gojek terhadap Loyalitas Konsumen.
Safitri, E. (2020). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Eza Mandiri Tahu Tuna Pak Ran. In Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Siregar, P. (2021). Pengaruh brand image , kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di tokopedia. 0–52.
Stanton, W. J., & Y Lamarto. (2019). Prinsip Pemasaran.
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD.
Sutriyani. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Kumala Celebes Motor ( Mazda Makassar ) Sutrayani. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 1–129.
Syahrial, Y. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Aneka Karya Glass Di Surakarta. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 80–87.