PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PRODUK WARDAH MELALU PENGGUNAAN DUTA MEREK, CITRA MEREK DAN KEPRIBADIAN MEREK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan duta merek, citra merek, dan kepribadian merek terhadap keputusan pembelian dan loyalitas konsumen produk wardah (studi kasus pada mahasiswa/i IBTPI). Populasi penelitian adalah mahasiswa/i yang sudah pernah membeli maupun menggunakan produk wardah yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan duta merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, duta merek dan citra merek berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepribadian merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan loyalitas konsumen, dan keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. diharapkan agar menambah variabel lain yang tidak disertakan pada penelitian ini sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih menyeluruh terkait dengan Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen. Selain itu penelitian selanjutnya juga dapat melibatkan sampel yang lebih banyak atau melakukan penelitian di tempat yang berbeda untuk mengetahui pengaruh Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen terhadap variabel lainnya secara luas.
Kata Kunci: Duta Merek, Citra Merek, Kepribadian Merek, Keputusan Pembelian, Loyalitas Konsumen
References
Anggoro, D. G. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Melalui Ekuitas Merek Sebagai Variabel Intervening. 7–22.
Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust , Brand Equity Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan. 6(2), 112–121.
Ericko, Y. K. (2020). Pengaruh Perceived Value, Brand Image, Dan Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan. 2, 1–13.
Fatimah, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelembab Wardah Pada Konsumen AL Yasini Mart Wonorejo. Jurnal Sketsa Bisnis, 1(2), 58. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/SKETSABISNIS/issue/archive
Ferdinand., A. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferrinadewi, E. (2011). Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu.
Fure, F., Lapian, & Joyce. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di J.Co Manado. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 367–377. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11788
Geraldine, G., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Non-Celebrity Analisa Widyaningrum terhadap Keputusan Pembelian Hijabenka. Prologia, 4(1), 25. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6422
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (B. P. U. Diponegoro, ed.). Semarang.
Ghozali, I. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Universitas Diponegoro. Semarang
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25No Title. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J. (2015). Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.
Habibullah, M., & Fitria, S. E. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Bisnis Clothing P - Clothes ). E-Proceeding Of Management, 4(3), 2519–2522.
Haryati. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Agnes Monica Terhadap Brand Image Vivo Smartphone ( Studi Kasus Pengunjung Bekasi Cyber Park). 12–44.
Herdianti, R. D. T., & Nurhadi. (2021). Pengaruh Kepribadian Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek pada Pelanggan Mcdonald’s di Surabaya. 23(1), 185–194.
Huda, N. (2020). Asy-Syarikah. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar, 2(1), 37–43. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/asy-syarikah/article/view/311
Kismono, G. (2011). Bisnis Pengantar, Edisi Kedua. BPFE- Yogyakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2011). Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta Salemba Empat.
Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2012). Principles of Marketing (D. Sutherland, E. Svendsen, & J. Sutherland (eds.)). Pearson Publishing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management Edisi 14 (Global Edi). Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). In Marketing Management. Pearson Pretice Hall.
Kurniawati, D., Suharyono, dan Kusumawati, A. (2014). Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Studi pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1–9.
Lailliya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2Gultom, S. B. and Sari, D. (2019) ‘Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image E-Commerce Shopee The Ifluenced Of Blackpink as Brand Ambassador Toward Brand Image at E-Commerce Platform Shopee’, Universitas Telkom, 6(2).), 113–126.
Larasati, A. (2019). Pengaruh brand personality terhadap loyalitas pelanggan zara. 2(1).
Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communications. Wiley.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa, (3rd ed.). Salemba Empat.
Mahuda, F. D. (2017). Pengaruh Brand Personality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Butik Meccanism). Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 151–167. https://doi.org/10.32507/ajei.v8i2.17
Maryoso, S. (2019). Pengaruh Iklan Humor Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kartu Perdana Axis Versi Kembalian. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 99–104. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5128
Neviana, G., & Ratnasari, A. (2021). Hubungan Karakteristik Brand Ambassador dengan Loyalitas Anggota Komunitas K-Popers pada Merek Mie Sedaap. 120–123.
Nurrahim, R., & Koesworodjat, D. Y. (2014). Pengaruh Desain Produk Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Clothing Flashy Bandung. 41.
Ocktaria, R. (2015). PENGARUH BRAND PERSONALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP BRAND EQUITY DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Pada Mahasiswi Pengguna Produk Wardah Kosmetik Di Universitas Brawijaya Malang ). 23(1), 1–8.
Rejeki, D. (2015). Pengaruh Green Marketing Pada Keputusan Pembelian Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC) Gerai Royal Plaza, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(1), 86230.
Safitri, W., Bintarti, S., & Kafabih, R. A. (2019). Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone besar , khususnya komunikasi . Sebelum adanya telepon genggam atau disebut juga dengan menggabungkan fitur dari sistem operasi dengan fitur-fitur lain yang berguna untuk Data mengenai Top 5 Market Share. 17(2), 140–157.
Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168
Samosir, L. S., Putri, Y. R., & Nurfebrianing, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 233–240. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.6
Sandi, F. (2020). Ekspor Tembus Rp 4,4 T, Industri Kosmetik & Farmasi RI Cuan. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200803095618-4-177010/ekspor-tembus-rp-44-t-industri-kosmetik-farmasi-ri-cuan
Sarker, S. (2013). Influence of Personality in Buying Consumer Goods-A Comparative Study between Neo-Freudian Theories and Trait Theory Based on Khulna Region. International Journal of Business and Economics Research, 2(3), 41. https://doi.org/10.11648/j.ijber.20130203.12
Sawitri, I. G. A. T. D., & Rahanatha, G. B. (2019). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5267. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p22
Schiffman, & Kanuk. (2014). Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Juarnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1, N.
Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24200
Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli dan testimoni terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21–34.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Penerbit Andi.
Sugiyono. (2011). Teori Sampel dan Sampling Penelitian.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.
Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Penerbit Andi.
Wantara, P. (2015). The Relationships among Service Quality, Customer Satisfaction, an Customer Loyalty in Library Services. International Journal of Economics and Financial Issues.
Waruwu, C. B. (2019). Sejarah Berdirinya PT Paragon Technology and Innovation Hingga Sukses. https://www.idntimes.com/life/career/christ-bastian-waruwu/sejarah-pt-paragon-c1c2/4
Wijayanto, J. (2020). Gaya hidup milenial dingkrak industri kosmetik. Radar Surabaya. https://radarsurabaya.jawapos.com/ekonomi/14/01/2020/gaya-hidup-milenial-dongkrak-industri-kosmetik/
Wulandari, C. (2019). Pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo F3 di Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman, 3(4), 1–15. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JIMM/article/view/2376/829
Yusiana, R., & Maulida, R. (2015). Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond’S Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran). Jurnal Sosioteknologi, 15(1), 233–240. www.marketing.co.id
Yuwono, A. (2011). Penelitian Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan Jasa
Printing Digital Pada Pt. Elang Perkasa Langgeng. Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra.