Implementasi Metode Okapi BM 25 Dalam Aplikasi Pencarian Berita Polresta Pekanbaru Berbasis Android

  • Puja Putri Indah Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Irwan Irwan Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Kasus-kasus besar maupun kecil ditangani oleh Polresta Pekanbaru. Masyrakat terkadang sangat memperhatikan kasus-kasus kejahatan yang ada di Polresta Pekanbaru. Apalagi pada kasus-kasus yang viral di Pekanbaru. Tentu masayarakat menuntut agar informasi kasus yang ditangani oleh Polresta Pekanbaru dapat disebarkan kepada masyarakat. Banyak media massa atau elektronik yang di Pekanbaru juga melakukan pemberitaan, namun tidak sedikit juga yang memberitakan dengan kurang tepat sehingga informasi yang didapatkan masyarakat menjadi ambigu dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Melalui kemajuan dunia teknologi perlu adanya aplikasi yang ada di Polresta Pekanbaru yang dapat menyebarkan berita yang benar terhadap kasus-kasus yang ada. Informasi resmi ini tentunya akan menambah kepercayaan masyarakat kepada institusi polri karena transparan dalam menangani sebuah kasus. Hasil pencarian dengan metode okapi bm25 dapat melakukan pencarian data infornasi polresta pekanbaru dapat dilakukan dengan dengan kata kunci yang diujikan performa sistem dinilai baik dengan precision 74% - 92% dan recall 100%.

References

[1] Baihaqi, R. R. (2020). Temu Kembali Informasi pada Berita Olahraga Berbahasa Indonesia dengan Metode BM25 dan Seleksi Fitur Term Frequency (TF). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(11), 4200–4206.
[2] Tjandra, E., & Widiasri, M. (2016). Sistem Repositori Tugas Akhir Mahasiswa dengan Fungsi Peringkat Okapi BM25. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(2), 88.
[3] Pardede, Jasman. (2018). Implementasi Dan Perbandingan Metode Okapi BM25 dan PLSA Pada Aplikasi Information Retrieval. Manajemen Informatika, 02, 13–20.
[4] Insani, Nur Hanifah. (2019). Pengembangan kamus bahasa Jawa digital berbasis android. Jurnal Lingtera, Vol 6 No 1.
Published
2023-04-30
How to Cite
INDAH, Puja Putri; IRWAN, Irwan. Implementasi Metode Okapi BM 25 Dalam Aplikasi Pencarian Berita Polresta Pekanbaru Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 26-31, apr. 2023. ISSN 2685-6565. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/jmapteksi/article/view/3536>. Date accessed: 18 june 2024.
Section
Articles