DESAIN UI/UX PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN SPP TAMAN KANAK-KANAK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

  • Putri Sintia Universitas Bina Darma
  • Edi Supratman Universitas Bina Darma
Abstract viewed = 57 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 46 times

Abstract

Sampah adalah hasil dari sisa-sisa material yang tidak diperlukan, yang dihasilkan setiap hari baik oleh rumah tangga maupun indutri. Tujuan dari tempat pengelolaan sampah seperti bank sampah adalah untuk mendaur ulang sampah untuk meningkatkan nilai ekonomi. Bank Sampah Junjung Birru memiliki program sekolah Tk dimana sampah digunakan sebagai media pembayaran Spp. Namun saat ini di Junjung Birru, proses bisnis yang berlangsung, mulai dari pengumpulan sampah hingga penukaran sampah menjadi media pembayaran Spp masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan kurang efisien. System pencatatan sampah yang dilakukan oleh murid setiap hari masih mengandalkan penggunaan buku besar, yang menyebabkan kurangnya ketertiban dalam penyimpanan data. Maksud dari penelitian ini untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi digital dengan pengelolaan sampah sebagai media pembayaran Spp di bank sampah junjung birru. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI/UX menggunakan metode design thinking yang mencakup tahap emphatize, define, ideate, prototype test. Dengan menggunakan design thinking diharapkan dapat memecahkan masalah, dengan cara yang inovatif, efektif pada pengguna dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini perancangan desain UI/UX pengelolaan sampah sebagai media pembayaran Spp Tk sebagai hasil rancangan desain awal kedepannya. Peneliti melakukan pengujian dengan 30 respoden melalui usability testing, setelah menguji usability dilakukan usability dengan menggunakan metode system usability scale. Hasil penilaian dengan nilai sebesar 79,5 menunjukkan bahwa desain UI/UX Pengelolaan sampah sebagai media pembayaran spp Tk menggunakan metode design thinking telah mencapai tingkat penerimaan yang baik bagi pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia Putri Prasetyo, Z., Virgantara Putra, O., & Harmini, T. (2022). Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Situs Olah-Oleh TPS3R Kota Batu. Ikraith-Informatika, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v7i2.2245
Engineering, I., Adha, I. A., Voutama, A., Ridha, A. A., Komputer, F. I., Karawang, U. S., & Timur, T. (2023). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI OGAN LOPIAN DISKOMINFO. 7(1), 55–70.
Hiariej, R., Setiyawati, N., Teknologi, F., Informasi, D., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Evaluasi User Experience Dan Usability Sistem Informasi Tugas Akhir Fti Uksw Menggunakan User Experience Questionnaire Dan System Usability Scale. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 6(Desember), 58–63.
Journal, R. T. (2023). Vol. 6 No.1 Januari 2023 Rang Teknik Journal. 6(1), 100–106.
Karnawan, G., Andryana, S., & Komalasari, R. T. (2020). Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications. 6(1), 10–17.
Kusuma Wardany, Reni Permata Sari, & Erni Mariana. (2020). Sosialisasi Pendirian “Bank Sampah” Bagi Peningkatan Pendapatan Dan Pemberdayaan Perempuan Di Margasari. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 364–372. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.4348
Lutfi, L., & Sukoco, I. (2019). Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi. Organum Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 02(01), 1–11. https://doi.org/10.35138/organu
Miswanto, Sulistiani, H., & Damayanti. (2020). Penerapan Metode Cost And Benefit Analysis Dalam Pengukuran Investasi Teknologi Informasi. Jurnal TEKNOKOMPAK, 14(1), 54.
Oktaviani, B., Candra, R. M., & Irsyad, M. (2023). Desain Sistem Pemasaran Produk UMKM dengan Konsep UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information System Research, 4(3), 980–987. https://doi.org/10.47065/josh.v4i3.3387
Pradana, A. R., Idris, M., Kom, S., & Kom, M. (2021). Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Automata, 2(2).
Soedewi, S. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(02), 17. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.5378
Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). PENGEMBANGAN UI / UX PADA APLIKASI M-VOTING. 364–370.
Syabana, R. I., Saputra, P. Y., & Anugrah, N. (2020). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 40–60. http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP/article/view/719
Wachid, F. (2022). Implementasi Metode Design Thinking Untuk Validasi Ide (Vol. 31, Issue 2).
Wardhana, W. S., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Transaksi Bank Sampah Online Berbasis Android (Studi Kasus: Bank Sampah Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 6548–6555. http://j-ptiik.ub.ac.id
Yunita, Y., Adrianshyah, M., & Amalia, H. (2021). Sistem Informasi Bank Sampah Dengan Model Prototype. INTI Nusa Mandiri, 16(1), 15–24. https://doi.org/10.33480/inti.v16i1.2269
Published
2023-12-27
How to Cite
SINTIA, Putri; SUPRATMAN, Edi. DESAIN UI/UX PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN SPP TAMAN KANAK-KANAK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 193-203, dec. 2023. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/3439>. Date accessed: 03 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v7i2.3439.
Section
Articles