RANCANG BANGUN DESIGN UIUX PADA APLIKASI WORKFIT MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
Abstract
Berangkat dari pemasalahan di tengah pandemic, Penelitian ini berfokus untuk mengatasi tantangan yang di mana masyarakat enggan keluar rumah dan mengalami penurunan pola hidup sehat. dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, Penelitian ini akan mengembangkan platform inovatif bernama Workfit. Workfit bukan hanya sekadar platform booking kelas gym secara online, tetapi juga merupakan alat dukungan komprehensif bagi masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat. metode yang digunakan dalam perancangan platform ini adalah Design Thinking, yang melibatkan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Dalam proses ini, penelitian tidak hanya fokus pada fungsi teknis platform, tetapi juga memahami secara mendalam kebutuhan dan keinginan pengguna. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang optimal. Hasil penelitian ini mencakup pengembangan model UI/UX untuk aplikasi mobile Workfit. model ini tidak hanya menyelesaikan permasalahan praktis dalam pemesanan kelas gym, tetapi juga memberikan informasi, artikel, dan video yang relevan untuk memotivasi pengguna dalam menjalani gaya hidup sehat, Oleh karena itu, penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di era modern ini.
Downloads
References
Cahyono, Anang Sugeng. 2018. “Anang Sugeng Cahyono, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.” Jurnal Publiciana 9(1): 140–57. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79.
Engineering, Informatics et al. 2023. “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian Diskominfo.” 7(1): 55–70.
Fariyanto, Feri, and Faruk Ulum. 2021. “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan).” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) 2(2): 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.
Fitria, Maulida et al. 2023. “Penerapan Design Thinking Dalam Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Jahe Cap Maher.” Journal of Research on Business and Tourism 3(1): 1.
Gaol, Pltiman Limban. 2019. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti || 75.” 6: 75–86.
Hakim, R, and R Amalia. 2023. “Tren Dan Strategi Pengumpulan Dana Zakat, Infak Dan Sedekah (ZIS) Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Multisitus Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota ….” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9(02): 2431–41. https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/8036.
Hardi, Veny Juniarni, Dedi Supriadi, Andy Supriady, and Vicki Ahmad Karisman. 2021. “Survey Kesadaran Masyarakat Dalam Meningkatkan Kesehatan Fisik Di Masa Pandemi.” Jpoe 3(2): 120–31.
Jenniffer, Marsya Yeece. 2022. “Design of User Interface / User Experience of Information and Academic Administration Services Application with the Design Thinking Method for Students of the Faculty Of.” (June): 1–9.
Jidan Narizki, Muhammad et al. 2023. “Perancangan UI/UX Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Perangkat Mobile Dengan Metode Design Thinking.” Journal of Information System Research 4(4): 1127–35. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/.
Karnawan, Gusti, Septi Andryana, and Ratih Titi Komalasari. 2020. “Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications.” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika (JTMI) 6(1): 10–17.
Kustiawan, Winda et al. 2022. “Keberadaan Ilmu Komunikasi Dan Perkembangan Teori Komunikasi Dalam Peradaban Dunia.” Maktabatun Journal 1(2): 73–76.
Muhyidin, Muhammad Agus, Muhammad Afif Sulhan, and Agus Sevtiana. 2020. “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma.” Jurnal Digit 10(2): 208.
Mutaqin, Enjen Zaenal, Sekar Lintang Saputri, and Mei Farikhatul Maulida. 2023. “Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Digital Marketing Produk Sirup Jahe Kelompok Wanita ‘ Tiara Tani ’ Di Desa Tanggeran.” 4(4): 2993–3006.
Pramesti, Ardia Gita, Qadhli Jafar Adrian, and Yusra Fernando. 2022. “Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Pemesanan Buket Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Bouquet Lampung).” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) 3(2): 179–84. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika.
Pratiwi, D.E., Utami, T.M., Korneliya, B, Rafiadzkay, M.Z., & Aini, S.Q. 2021. “Journal of Education And.” Journal of Education and Technology 1(1): 30–36.
Samudra, Y. 2023. “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Sistem CRM, Cash Flow, Dan Management Stock Inventory Pada Aplikasi Krealogi.” LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer dan … 1(5): 1283–96. https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3464%0Ahttps://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/download/3464/1765.
Sari, Intan Permata et al. 2020. “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking Dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru.” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia 2(1): 45–55.
Setiadi, Arief Ramadhan, and Hari Setiaji. 2020. “Perancangan UI/UX Menggunakan Pendekatan HCD (Human-Centered Design) Pada Website Thriftdoor.” Automata 1(2): 228–33.
Syahrul, Yasermi. 2019. “Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech.” Jurnal Bahasa Rupa 2(2): 109–17.
Wahyu Sanjaya, Muhamad, and Arafat Febriandirza. 2023. “Penerapan Metode Design Thingking Terhadap Peningkatan Pengalaman Pengguna Pada Sistem Akademik Uhamka.” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering 7(1): 7–16.
Widiatmoko, Danang Tri, and Birmanti Setya Utami. 2022. “Perancangan UI/UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus PT Selektani).” Aiti 19(1): 120–36.
Wiwesa, Ngurah Rangga. 2021. “User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Sosial Humaniora Terapan 3(2): 17–31.
Wulandari, Adelia, Resti Yektyastuti, and Anne Effane. 2023. “NCOINS : National Conference of Islamic Natural Science ( 2023 ) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis STEM Design Thinking Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” : 228–39.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.