PERANCANGAN APLIKASI KEUANGAN PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN KOMBINASI HCD, PERSONA, DAN MVP


Abstract
Lembaga akreditasi perguruan tinggi menuntut pengelolaan keuangan dengan aksesbilitas data dalam sistem informasi yang transparan, akuntabel, dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkombinasikan Persona, dan Minimum Viable Product (MVP) dalam Human Centered Design (HCD) untuk menghasilkan rancangan user interface aplikasi keuangan perguruan tinggi. Penelitian ini melakukan kombinasi Persona dalam HCD untuk mengerti, memahami, dan menggali informasi kebutuhan bagian keuangan ITSK Soepraoen. Kombinasi Persona dalam HCD menghasilkan Persona Goals (PG). Penelitian ini melakukan kombinasi MVP dalam HCD untuk membuat rancangan user interface aplikasi keuangan berdasarkan Persona Goals (PG). Kombinasi MVPdalam HCD menghasilkan rancangan user interface yang dibuat dengan menggunakan Figma. Akhirnya, penelitian ini melakukan evaluasi dengan membandingkan PG dengan hasil MVP. Berdasarkan evaluasi dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berkontribusi menghasilkan rancangan user interface aplikasi keuangan perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan bagian keuangan ITSK Soepraoen. Selain itu penelitian ini berkontribusi menghasilkan keterbaruan kombinasi metode dalam bidang perancangan user interface
Downloads
References
Antonio Ghezzi, & Angelo Cavallo. (2020). Agile Business Model Innovation in Digital Entrepreneurship: Lean Startup Approaches. Journal of Business Research, 110, 519–537.
Azizah, N., Sani, A., Rezki, A., Raihan, F., & Georginayuni, I. (2022). Perancangan Prototype Interface Atau Ui Pada Layanan Penjualan Berbasis Mobile Menggunakan Aplikasi Figma. JBPM: Jurnal Bidang Penelitian Multimedia, 1(1), 11480.
Bzhwen A. Kadir, & Ole Broberg. (2021). Human-centered design of work systems in the transition to industry 4.0. Applied Ergonomics, 92.
Damayanti, C., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2022). Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(1), 551. https://doi.org/10.30865/mib.v6i1.3526
Damilola Oluwaseun Ogundipe, Opeyemi Abayomi Odejide, & Tolulope Esther Edunjobihttps://doi.org/10.53022/oarjst.2024.10.2.0045. (2024). Agile methodologies in digital banking: Theoretical underpinnings and implications for customer satisfaction. Journal of Science and Technology, 10.
Dwinoor Rembulan, G., Akhirianto, P. M., Priyono, D., K. Pramudito, D., & Irwan, D. (2023). Evaluation and Improvement of E-Grocery Mobile Application User Interface Design Using Usability Testing and Human Centered Design Approach. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 5, 41–45. https://doi.org/10.60083/jsisfotek.v5i3.282
Handayani, N., & Hendra Mayatopani, ). (2023). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Destinasi Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Human Centered Design. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(1), 35–43.
Junaedi, I., Abdillah, D., & Yasin, V. (2020). Analisis Perancangan Dan Pembangunan Aplikasi Business Intelligence Penerimaan Negara Bukan Pajak Kementerian Keuangan Ri. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(3), 88.
Matriks Penilaian Laporan Evaluasi Diri Dan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi Akademik, Perguruan Tinggi Swasta (Pts), Unduh Instrumen 43 (2019).
Milah, S., Sunandar, M. A., & Komara, M. A. (2023). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Penyewaan Peralatan Bayi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human Centered Design ( Hcd ) Di Babystuffrent Purwakarta. 7(3).
Muhammad, Z. N., Meiriza, A., Putra, P., & ... (2023). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Laboratorium Berdasarkan Pendekatan Human Centered Design (HCD). KLIK: Kajian Ilmiah …, 3(6), 1272–1284. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.797
Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Pub. L. No. 3, Banpt.or.Id 1 (2019).
Permana, J., & A.Gunawan. (2023). Program Aplikasi Pengelolaan Keuangan di Masjid Al-Muhajirin BPR Nangggeleng Sukabumi. IJNS : Indonesian Journal on Networking and Security, 12(1), 16–23.
Putra, W. A., & Kusuma, W. T. (2024). Combination Of HCD , Persona , MVP , and Thumb Zone for Designing TNI Physical Fitness Monitoring Application. JESICA: Journal of Enhanced Studies in Informatics and Computer Applications, 1(1), 1–5.
Putri Sintia, & Edi Supratman. (2023). Desain Ui/Ux Pengelolaan Sampah Sebagai Media Pembayaran Spp Taman Kanak-Kanak Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information And Informatics Engineering, 7(2), 193–203.
Sabila, H., Praptono, B., & Yuli Arini, I. (2021). Perancangan Aplikasi Pencatatan Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Metode Agile Development Scrum. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 5(2), 67–74. https://doi.org/10.35145/joisie.v5i2.1406
Sari, I. P., Ramadhani, F., Satria, A., Apdilah, D., & Basri, M. (2023). Rancangan UI/UX Aplikasi Analytics pada Toko Online Wao Sneakers Menggunakan Figma Berbasis Mobile. Factory Jurnal Industri, Manajemen Dan Rekayasa Sistem Industri, 1(3), 93–101. https://doi.org/10.56211/factory.v1i3.265
Shafrida Kurnia, R., & Faticha Alfa Aziza, R. (2021). Desain User Interface Personal Asisten Keuangan Digital. Sistemasi, 10(3), 502. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i3.1306
Wahyu Teja Kusuma, Faurika, M. Syauqi Haris, & Ahsanun Naseh Khudori. (2022). Perancangan Audio Murottal Al-qur’an Untuk Terapi Emosi Anak Autis Menggunakan Metode Human Centered Design. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(1), 253–262. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.901

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.