ANALISA KUALITAS LAYANAN SISTEM AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

  • Ilham Arsyad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Medyantiwi Rahmawita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  • Arif Marsal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  • Mona Fronita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
Abstract viewed = 20 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 18 times

Abstract

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi di ranah akademik, sangat penting untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem informasi yang dikembangkan guna memastikan bahwa proses yang ingin dicapai telah terpenuhi secara optimal. Penelitian ini mengkaji tentang kualitas layanan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) pada Universitas Muhamadiyah Riau. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas kepada 100 mahasiswa UMRI secara acak sebagai pengguna akhiir. Tiga variabel independen yang digunakan yaitu 1) Usability Qualty, yang berhubungan dengan rancangan website, 2) Infromation Quality, kelayakan informasi yang diberikan oleh website, 3) Service Interaction, tingkat kepercayaan dan keamanan  dalam menggunakan website. Variabel dependen yang digunakan yaitu Kepuasan Pengguna, yakni website yang disediakan telah sesuai bahkan melebihi harapan pengguna.Pengelolaan data menggunakan Smart PLS 4 dengan menganalisa Evaluasi Model Structuran (Inner Model) dan Evaluasi Model Pengukuran (Outer Model). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Usability Quality, Information Quality serta Service Interaction berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, hal ini mengindikasikan bahwa pengguna merasa puas dengan keseluruhan website. Selain itu, pengguna juga sangat setuju bahwa Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Riau sangat membantu dalam mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alshurideh, M., Alrawabdeh, W., Al Kurdi, B., & Alzoubi, A. (2022). the Impact of Service Quality and Service Transparency on Customer Satisfaction. International Journal of Theory of Organization and Practice (IJTOP), 1(1), 137–154. https://doi.org/10.54489/ijtop.v1i1.150
Anugrah, R. T., Falevi, M. I., Sunarto, A., Shar, A., Agama, I., & Negeri Bengkulu, I. (2022). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (Studi Pada Siakad Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(1), 60–73. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Arief, S. F., & Sugiarti, Y. (2022). Literature Review: Analisis Metode Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 8(2), 87–93. https://doi.org/10.35329/jiik.v8i2.229
Ekowati, N. S., Kusyanti, A., & Rokhmawati, R. I. (2018). Analisis Kualitas Layanan Website Erafone terhadap Kepuasan Pelanggan menggunakan E-S-Qual dan E-Recs- Qual. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 65(2), 529–546.
Fitzgerald, J., Dennis, A., & Durcikova, A. (2019). Business Data Communications And Networking. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Fuadi, M. V., Kusyanti, A., & Rokhmawati, R. I. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan Informasi Website Universitas Brawijaya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-recs-qual, E-s-qual. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1738–1749.
Giyanti, I., & Suparti, E. (2018). Penilaian Kualitas Aplikasi Halal Mui Dengan Webqual 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(2), 91. https://doi.org/10.14710/jati.13.2.91-98
Grönroos. (2000). A Service Quality Model and i t s Marketing Implications.
Hayat, C., & Simanjuntak, M. R. (2020). Pengukuran Kualitas Website Retail Fashion Urban Icon dengan Metode WebQual 4.0 dan E-S-Qual. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 24–33. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.644
Ihsan, A. A., Hidayati, U., & Mardinawati, M. (2022). Analisis Kualitas Website Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis. Keunis, 10(2), 29. https://doi.org/10.32497/keunis.v10i2.3519
Kotler. (2018). Principles of Marketing.
Muttakin, F., Dwi Aprillia, D., & Kumalasari, M. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(3), 300–308. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i3.4403
O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2019). Introduction To Information Systems. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Prasetyo, K. W., Pratamal, R. P., & Aditya, A. (2022). Analyzing e-Service Quality and e-Satisfaction Effects on Customer Loyalty at An Indonesian Digital Marketplace. Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 6(1), 126–134. https://doi.org/10.31289/jite.v6i1.7265
Pratama, P. A., Wijaya, A., Kom, S., Studi, P., Informasi, S., Sains, F., Katolik, U., & Charitas, M. (2019). Pengukuran K Ualitas L Ayanan I Nformasi P Ada M Edia S Ocial T Erhadap K Epuasan P Engguna D Engan M Enggunakan M Etode E-S-Q UAL.
Pratiwi, K. A., Suartina, I. W., Kusyana, D. N. B., & Dewi, I. A. M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pada Ratu Hotel (Ex. Queen Hotel) Denpasar Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening. Bisma: Jurnal Manajemen, 6(1), 17. https://doi.org/10.23887/bjm.v6i1.24405
Pujiastuti, E. E., Utomo, H. S., & Haryono, S. (2022). The Influence of Product Uniqueness on Consumer Satisfaction and Repurchase Intention on Written Batik Consumers in Indonesia. 5(09), 2693–2698. https://doi.org/10.47191/jefms/v5-i9-23
Salamah, I., Lindawati, L., Fadhli, M., & Kusumanto, R. (2020). Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Digit, 10(1), 1. https://doi.org/10.51920/jd.v10i1.151
Saputra, D. A., & Andriyanto, T. (2022). Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri Quality Analysis of Website Academic Information SystemUniversitas Nusantara PGRI Kediri. Research : Journal of Computer, 5(1), 17–22.
Savira Taryani dan Luki Wijayanti. (2023). Pengukuran Kualitas Layanan Aplikasi Ipusnas Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Visi Pustaka, 25.
Septiani, Y., Arribe, E., & Diansyah, R. (2020). Menggunakan Metode Sevqual ( Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru ). 3(1), 131–143.
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Suharto, Y., Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi DKI Jakarta, B., & Hariadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi DKI Jakarta, E. (2021). Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0 Website Quality Analysis of Human Resources Development Agency Using Webqual 4.0 Method. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 12(2), 109–121. https://www.bpsdm.jakarta.go.id
Viola Restu Fauzi, Y. A. L. (2023). Internasional Resource(Air) Dengan Menggunakan Pengukuran Kualitas Layanan Website Ahmad Metode Webqual 4.0. 2.
Zarnelly, Z., & Syaifuddin, A. (2023). Analisis Kualitas Website Mediacenter Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan IPA. Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE), 3(1), 74–81. https://doi.org/10.57152/ijirse.v3i1.666
Published
2025-07-02
How to Cite
ARSYAD, Ilham et al. ANALISA KUALITAS LAYANAN SISTEM AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 228-236, july 2025. ISSN 2527-3116. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/5029>. Date accessed: 14 july 2025. doi: https://doi.org/10.35145/joisie.v9i1.5029.
Section
Articles