Sistem Rekomendasi Produk E-Commerce Menggunakan Algoritma Apriori
Abstract
Keterbatasan jumlah dan pengalaman staff penjualan dalam proses penjualan di Toko Hocki Jaya telah menyebabkan layanan kepada konsumen menjadi lambat. Pelayanan yang biasa dilakukan oleh staff adalah menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk seperti harga dan variasi produk yang beragam. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan meningkatkan jangkauan penjualan melalui web E-commerce dan sistem rekomendasi yang ditampilkan dalam webnya. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara dengan pemilik, anggota, dan pelanggan. Data untuk sistem rekomendasi akan dihasilkan dengan menggunakan metode algoritma Apriori, yang mana akan menghasilkan pasangan produk yang biasanya dibeli bersamaan. Sistem dibangun menggunakan Bahasa pemograman PHP dan database MYSQl. Sistem yang telah dikembangkan mampu menghasilkan rekomendasi berupa kumpulan item produk untuk ditampilkan pada web E-commerce. Algoritma apriori ini dapat digunakan untuk memproses data penjualan dan menghasilkan nilai support dan confidence antar produk dengan rata-rata confidence sebesar 16% dan support sebesar 3%, sehingga menghasilkan pasangan produk yang dibeli bersamaan
References
[2] Tachi, E., & Andri, N. &. (2021). Penerapan Data Mining Untuk Analisis Daftar Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Toko Bangunan MDN. In Jurnal Nasional Ilmu Komputer (Vol. 2, Issue 2).
[3] Saenafulloh, R., & Stefani, A. (2023). OPTIMASI PENJUALAN TOKO KELONTONG DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA APRIORI. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 3). https://doi.org/10.36040/jati.v7i3.6967
[4] Sukanda, A. (2021). Sistem Rekomendasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi E-commerce Toko Sudirman Sport. In Jurnal Nasional Ilmu Komputer. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(1), 64-76. https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v2i1.523
[5] Elsen. (2022). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN FORKLIFT BERBASIS WEB PADA CV JAYA ABADI FORKLIFT DENGAN METODE PENGUJIAN USER ACCEPTANCE TEST (UAT).
http://repositori.buddhidharma.ac.id/id/eprint/1453
[6] Nababan, Y., & Nugraha, I. (2024). Penerapan Data Mining Produksi Padi di Pulau Sumatera Menggunakan Analisis Regresi Linear Yohanes Nababan 1 , Isna Nugraha 2. https://doi.org/10.31004/jutin.v7i1.23545
[7] Marlina, D., & Bakri, M. (2021). PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI TRANSAKSI NASABAH DENGAN ALGORITMA C4.5.
[8] Mulyati, S. (2024). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK CAT UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI BISNIS.
[9] Nisa, V. C., & Khasanah, F. N. (2023). Algoritma Apriori Dalam Identifikasi Pola Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman. In Informatics Journal (Vol. 8, Issue 2).
[10] Nugroho, E. A., & Widaningsih, S. (2022). Rancangan Proses Penjualan Melalui E-commerce Shopee Menggunakan Metode Triangulasi (Studi Kasus pada UMKM Sutan Frozen Food Kota Tegal Tahun 2022) The Sales Process Design Through Shopee E-Commerce Using The Triangulation Method (Case Study On Msmes Sutan Frozen Food Tegal City In 2022).
[11] Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100