Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Termodinamika Fisika


Abstract
Sekolah Menengah Atas Dharma Loka (SMA Dharma Loka) merupakan salah satu sekolah swasta yang terkenal di Pekanbaru. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMA Dharma Loka sudah mengombinasikan penggunaan smartphone serta pembelajaran tradisional, sedangkan dalam pengerjaan soal latihan umumnya masih menggunakan media kertas (manual). Hal ini diterapkan oleh hampir semua pelajaran termasuk fisika. Sulitnya materi-materi yang disampaikan tanpa visualisasi yang diterima oleh siswa/i merupakan masalah bagi seorang guru. Saat ini, sistem yang dapat membantu dalam pemeriksaan jawaban masih minim. Pada penelitian ini dimulai dengan tahapan seleksi, yaitu dilakukan dengan proses wawancara. Kemudian dilanjutkan dengan analisis hal ini digunakan untuk mencari kemungkinan perlunya pengembangan dari sistem pembelajaran. Maka Bahasa pemograman yang digunakan adalah C# dan menggunakan program unity serta blender 3D. Dengan adanya penerapan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Termodimika Fisika di SMA Dharma Loka diharapkan dapat memudahkan guru untuk menyampaikan materi yang sulit, selain itu diharapkan dengan penerapan sistem tersimpan dan penggunaan aplikasi dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar dengan efektif dan efesien.
References
[2] S. Wahyuni and R. Nasution, “Pengaruh Penggunaan Keterampilan Guru Materi Pokok Termodinamika Siswa Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Sipirok Oleh :,” vol. 5, no. 3, pp. 31–37, 2023.
[3] D. Riyanto and D. Jollyta, “Penerapan Augmented Reality Pengenalan Sistem Pencernaan Manusia Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran,” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 5, no. 1, pp. 42–47, 2023.
[4] P. W. Yuhanto and A. S. Miyosa, “Implementasi Augmented Reality (Ar) Untuk Memvisualisasikan Portofolio Pemodelan 3D,” J. Nawala Vis., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.35886/nawalavisual.v4i1.337.
[5] K. Dewi and A. Sahrina, “Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan,” J. Integr. dan Harmon. Inov. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 1, no. 10, pp. 1077–1089, 2021, doi: 10.17977/um063v1i10p1077-1089.
[6] M. A. Tamanak, T. Berhitu, D. Gusti Ode, and Y. Dwi Galih Cahyono, “Pengaruh Pelapukan Terhadap Kekuatan Batuan Andesit,” Pros. Semin. Teknol. Kebumian dan Kelaut., vol. 2, no. 1, pp. 599–604, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.itats.ac.id/semitan/article/view/1028
[7] S. Yunior and A. F. Amalia, “Pengembangan E-Modul Fisika Materi Gelombang dan Bunyi berbasis Local Wisdom Alat Musik Gamelan pada Mata kuliah Fisika Dasar,” vol. 9, no. 1, pp. 90–98, 2022.
[8] A. D. P. Fatiatun Fatiatun, “Penerapan Termodinamika Heating Dan Colling Pada,” vol. 9, no. 2, pp. 146–150, 2022.
[9] B. A. Sitinjak, A. D. Mahatmanti, D. Natalia, A. Putri, and K. Z. Majidiah, “Implementasi Augmented Reality Pada Pengenalan Hewan Menggunakan Univity dan Vuforia,” no. December, pp. 0–10, 2023.
[10] H. Suhendi and F. U. Ali, “Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Jalan Dan Jembatan Di Kota Cirebon,” Naratif J. Nas. Riset, Apl. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 6–15, 2020, doi: 10.53580/naratif.v2i1.77.
[11] M. C. Wibowo, “Pemodelan Dengan Blender 3D,” Penerbit Yayasan Prima Agus Tek., vol. 8, no. 1 SE-Judul Buku, 2022, [Online]. Available: http://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/332
[12] J. Firnando, B. Franko, S. Pratama Tanzil, N. Wilyanto, H. Christianto Tan, and E. M. Hartati Kom, “Pembuatan Website Menggunakan Visual Studio Code di SMA Xaverius 3 Palembang,” Fordicate, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2023.