Penerapan Chatbot Berbasis NLP Pada Sistem Penjualan Alat Elektronik dan Bangunan

  • Andre Nicholas Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Yermias Duha Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times

Abstract

Wowmarts merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang penjualan peralatan elektronik dan bangunan di Kota Pekanbaru. Wowmarts membutuhkan suatu sistem berbasis teknologi yang dapat membantu dalam memberikan layanan penjualan kepada konsumen dengan cara mengimplementasikan chatbot berbasis NLP untuk membantu dalam memberikan layanan kepada konsumen saat melakukan penjualan peralatan elektronik dan bangunan dari Wowmarts serta membantu Wowmarts dalam mencatat penjualan yang dilakukan kepada konsumen dan berperan sebagai sistem informasi penjualan khusus untuk Wowmarts. Penelitian ini diharapkan dapat merancang dan mengimplementasikan serta mengetahui tanggapan responden terhadap penerapan chatbot berbasis NLP pada sistem penjualan peralatan elektronik dan bangunan. Hasil dari sistem berhasil dirancang dengan tahapan pengembangan metode waterfall yaitu analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi, pengujian atau uji coba dan analisis hasil. Kemudian, fungsionalitas sistem berjalan 100% sesuai dengan yang diharapkan, sehingga dapat digunakan oleh pengguna dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Akhirnya, sistem mendapat respon yang sangat baik dari responden, sehingga dapat menjadi solusi yang tepat dan sesuai dengan permasalahan serta kebutuhan Wowmarts.

References

[1] A. M. A. Saputra, L. P. I. Kharisma, A. A. Rizal, M. I. Burhan, and N. W. Purnawati, Teknologi Informasi: Peranan TI dalam Berbagai Bidang. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
[2] Kadin Indonesia, “UMKM Indonesia,” kadin.id.
[3] Taufiqqurrachman, B. Subana, and G. S. Harliyan, “Sistem Informasi Penjualan Alat Alat Tulis Kantor Berbasis Web Pada Toko UD. Barokah,” J. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 286–293, Dec. 2022.
[4] P. V. D. S. Budi and N. N. K. Yasa, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Niat Beli Ulang: Konsep dan Aplikasi Pada Studi Kasus. Jawa Tengah: Media Pustaka Indo, 2023.
[5] Y. Anggraini, D. Pasha, and A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter (Studi Kasus: Orbit Station),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 64–70, Dec. 2020.
[6] B. Samperura, M. S. Suhadi, and R. M. Awangga, Panduan untuk Membuat CHATBOT Cerdas Implementasi OpenAI di Telegram dan Discord, 1st ed. Bandung: PT. Penerbit Buku Pedia, 2023.
[7] S. Trihandaru, H. A. Parhusip, A. Setiawan, and B. Susanto, Coding untuk Siswa Panduang Komprehensif Memahami Coding, Statistika, Matematika, AI dan IoT. Salatiga: Uwais Inspirasi Indonesia, 2024.
[8] A. Sudianto, H. Ahmadi, and Alimuddin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor pada Bengkel Vinensi Motor Berbasis Web Guna Meningkatkan Penjualan dan Promosi Produk,” J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 115–122, Jul. 2020.
[9] E. Susanto and W. W. Widiyanto, “New Normal: Pengembang Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode SDLC (System Development Life Cycle),” J. Sustain. J. Has. Penelit. dan Ind. Terap., vol. 10, no. 1, pp. 1–9, May 2021.
[10] A. Almustaqim and A. N. Toscany, “Perancangan Sistem Chatbot sebagai Virtual Assistant Pada PT. Everbright Jambi,” SKANIKA Sist. Komput. dan Tek. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 228–239, Jul. 2022.
[11] O. C. Gultom, “Implementasi Framework Codeigniter Pada Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website dengan Chatbot yang menggunakan Metode Natural Language Processing (NLP) Pada PT Bravoindo Perkasa Jaya Surabaya,” Repos. UPN Jatim, 2023.
[12] W. N. Akirini, W. N. Dewi, C. Nas, and L. Norhan, “Perancangan Aplikasi Layanan Customer Service Menggunakan Chatbot Berbasis Website Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Cirebon,” J. Digit, vol. 14, no. 1, pp. 78–89, May 2024.
[13] F. H. Rachman, Buku Ajar Komputasi Bahasa Alami. Malang: Media Nusa Creative, 2020.
[14] T. Duha, Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web. Jawa Timur: Tim Qiara Media, 2021.
[15] A. Zein et al., Konsep Dasar Pengenalan Database Rumpun Ilmu Komputer. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri, 2022.
[16] Kadarsih and D. Pujianto, Step by Step Belajar Database MySQL untuk Pemula. Tangerang Selatan: Pascal Books, 2022.
[17] J. Enterprise, Pemrograman Database Komplet. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2020.
[18] M. B. Anam, Administrasi Sistem Jaringan SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2021.
[19] Hartatik et al., Pengenalan Pemrograman Dasar Dunia Koding. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
[20] Elgamar, Buku Ajar Konsep Dasar Pemograman Website dengan PHP. Malang: Ahlimedia Book, 2020.
[21] R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani, and A. T. P. Siswanto, Diagram UML dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Yogyakarta: Yogyakarta: Deepublish, 2021.
[22] I. P. Sari, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. UMSU Press, 2021.
[23] W. Agustiono, Y. D. N. Putra, and D. A. Fatah, Analisa dan Desain Sistem Informasi . Malang: Media Nusa Creative, 2022.
[24] R. Habibi and R. Karnovi, Tutorial Membuat Aplikasi Sistem Monitoring Terhadap Job Deks Operational Human Capital. Bandung: Kreatif, 2020.
[25] M. A. Dawis et al., Rekayasa Perangkat Lunak Panduan Praktis untuk Pengembangan Aplikasi Berkualitas. Bandung: Widina Media Utama, 2023.
[26] M. Saifulloh and Sofyan, Metode Survei dalam Penelitian Komunikasi - Jejak Pustaka. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2021.
Published
2024-12-31
How to Cite
NICHOLAS, Andre; DUHA, Yermias. Penerapan Chatbot Berbasis NLP Pada Sistem Penjualan Alat Elektronik dan Bangunan. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), [S.l.], v. 6, n. 3, p. 167-175, dec. 2024. ISSN 2685-6565. Available at: <https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/jmapteksi/article/view/4879>. Date accessed: 17 mar. 2025.
Section
Articles